Olahraga Jauhkan Sentimen SARA

152
Bupati Sleman, Sri Purnomo memimpin upacara Haornas Sleman di Lapangan Pemkab Sleman, Senin (11/09/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Peringatan Hari Olahraga Nasional (haornas) jadi momen yang tepa tuntuk semakin mempertegas peran olahraga sebagai pemersatu bangsa. Dengan demikian dapat menjauhkan dari sentimen Suku, Agama, Ras dan Golongan (SARA).

“Olahraga merupakan alat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam upacara Haornas di lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Senin (11/9/2017).

Pemerintah juga mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk selalu berolahraga melalui gerakan Ayo Olahraga. Melalui gerakan ini, masyarakat diajak untuk berolahraga apa pun bentuknya secara rutin dan berkelanjutan.

Ada tiga olahraga utama yang telah difasilitasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. Ketiga olahraga tersebut diantaranya Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa, dan Liga Sepakbola Pelajar Berjenjang. Ketiga kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya mau bergerak, terbiasa melakukan aktivitas fisik dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Baca Juga :  PBVSI Temanggung Gelar Kejuaraan Voli Junior

“Peran seluruh aparatur negara mulai dari RT hingga pusat sangat dibutuhkan untuk menggerakkan, memfasilitasi, dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya olahraga sebagai lifestyle,” ujarnya. (yve)