Olahraga Sudah Jadi Kebutuhan

81
Wakil Bupati Sleman, Dra Hj Sri Muslimatun MKes mengikuti senam massal yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Minggu (29/07/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berolahraga semakin meningkat. Olahraga pada saat ini bukan lagi sekadar aktivitas mengisi waktu luang saja, namun sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes pada kegiatan senam massal yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Sleman di Komplek TK dan SD Model, Desa Medomartani Ngemplak, Minggu (29/07/2018).

Menurut dia, olahraga merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan, terlebih gaya hidup masyarakat saat ini juga sudah berubah.

Akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat, jumlah penderita penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, osteoporosis, dislipidemia, menjadi meningkat.

“Penyakit degeneratif ini bisa diantisipasi dengan pola hidup sehat yaitu menyeimbangkan antara pola makan dan pola gerak tubuh kita, serta makan makanan yang sehat,” jelas Sri Muslimatun.

Baca Juga :  Penjual Air Berburu Sampai Provinsi Tetangga

Kegiatan senam tersebut juga mendukung terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa berpola hidup sehat.

“Saya berharap kegiatan senam massal ini tidak hanya dilakukan pada hari ini saja atau pada saat-saat tertentu. tetapi dapat dilakukan secara rutin dan teratur agar tubuh kita tetap bugar dan sehat. Hanya dengan tubuh yang sehat dan bugar kita dapat bekerja dan juga belajar sebaik mungkin demi masa depan kita dan masa depan Kabupaten Sleman yang lebih maju,” ujarnya.

Kepala BPJS Cabang Sleman, Janoe Tegoeh Prasetijo,  menjelaskan senam massal yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Sleman tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan ulang tahun ke-50 BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Ada Kampung Literasi di Ngemplak Sleman

“Kegiatan ini juga mendukung Germas dan sekaligus kami juga mendukung perhelatan Asian Games ke-18 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang,” tutur Janoe usai mengikuti senam.

Janoe menjelaskan senam massal diselenggarakan serentak oleh BPJS Cabang di seluruh Indonesia. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu penderita penyakit kronis dengan total peserta di seluruh Indonesia sebanyak 18.818 orang. Sedangkan di Sleman diikuti kurang lebih 600 lebih peserta.

Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan sosialisasi terkait Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) kepada seluruh peserta. (sol)