Ombak Hempaskan Kapal, Satu Nelayan Hilang

332
Nelayan yang berhasil selamat dari amukan ombak besar, dibawa ke posko SAR untuk mendapatkan penanganan medis. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Kapal yang ditumpangi 4 orang nelayan Gunungkidul, nendadak dihempas ombak besar. Akibatnya, 1 orang nelayan hilang, sedang 3 nelayan lain berhasil selamat.

Peristiwa terjadi Sabtu (4/11/2017), saat para nelayan sedang melaut untuk mencari gurita  di Pantai Watu Kodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan kronologi peristiwa tersebut bermula dari  empat orang nelayan asal Pantai Gesing ke Pantai Watu Kodok untuk memancing gurita.

Keempat nelayan itu, adalah Gatot Bayu Rujito (20), dan Sunarno (40), warga Girisekar, Panggang. Dua lainnya Sigit Wahyudi (17) dan Rio Setiadi (17) Girikarto, Panggang.

Diakui, bulan November pantai selatan Gunungkidul banyak gurita yang berada di sekitar pantai. Saat asyik memancing hewan bertantakel ini, keempat nelayan ini tak menyadari ombak besar datang dan menghantam kapal dengan nama lambung Setia Putra tersebut.

Baca Juga :  Contohlah Toleransi Umat Budha dan Kristiani Ini

“Mereka memancing gurita di depan Pantai Watu Kodok, tak menyadari datangnya ombak besar dari selatan. Kapal terbalik dan menghantam karang, keempat nelayan tersebut lantas loncat ke laut,” bebernya.

Tiga orang nelayan berhasil menyelamatkan diri, sementara Gatot Bayu Rujito diduga kelelahan sehingga tidak kuat berenang karena gelombang tinggi hingga terseret ke arah selatan.

“Tiga orang nelayan langsung mendapatkan penanganan medis di posko SAR, satu orang atas nama Gatot masih dalam pencarian,” katanya.

Terpisah Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono mengatakan untuk melakukan pencarian pihaknya menerjunkan 30 personel. Pencarian dilakukan menggunakan kapal dan Jetsky.

“Kita berusaha terus melakukan upaya pencarian kepada korban,”pungkasnya.(SM)

Baca Juga :  Jati Platinum Lima Tahun Bisa Panen