Operasi Pasar Belum Pengaruhi Harga Beras

239
Masyarakat menyerbu operasi pasar beras di Pasar Karanganyar Kebumen, Rabu (17/01/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID —  Operasi pasar beras medium yang dilaksanakan Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Kedu sejak tiga hari terakhir sepertinya belum mempengaruhi harga jual beras medium di Kabupaten Kebumen.

Rabu (17/01/2018), Subdivre Kedu menggelar operasi pasar di Pasar Tumenggungan dan Pasar Karanganyar Kebumen dengan harga Rp 9.100 per kg.  Pedagang beras tetap menjual beras medium itu Rp 11.500 hingga Rp 12.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan  Perdagangan Kebumen, Sri Masyuroh SH, kepada koranbernas.id menjelaskan, Bulog bersama empat mitra Bulog di Kebumen  menggelar operasi pasar beras medium.

Informasi dari Bulog Subdivre Kedu, ada 96 ton beras medium sedang dan sudah dijual melalui operasi pasar dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 9.500 per kg.

“Beras medium yang dijual beras IR broken-nya  maksimum 20 persen,“ kata Sri Masyuroh. Beras operasi pasar, jenisnya hanya  satu, beras IR medium.

Dia mengakui, operasi pasar belum mempengaruhi  menurunnya harga beras medium. Pemantauan  dinasnya, harga beras medium non-beras Bulog masih di atas Rp 11.000 per kg.

Pada operasi pasar di Pasar Tumenggungan Kebumen,  Rabu (17/01/2018), Bulog subdivre Kedu menyiapkan beras 3 ton.

Hingga pukul 12:30, sebagian besar beras operasi pasar dibeli masyarakat.  Pembelinya tidak hanya konsumen kelas menengah ke bawah. Tampak pedagang ikut membeli beras  yang dikemas 50 kg per paket.

Sisa beras operasi pasar di Pasar Tumenggungan, Kebumen. (nanang wh/koranbernas.id)

Seorang pedagang beras di Pasar Tumenggungan, Eko Wardoyo, kepada koranbernas.id mengatakan, operasi pasar yang dilaksanakan di pasar terbesar di Kota Kebumen hanya mempengaruhi omzet penjualan beras di los beras.

Penurunan omzetnya bisa sampai dua hingga tiga hari ke depan. Karena tonase beras yang dijual dalam operasi pasar, hampir sama dengan omzet  penjualan beras di Pasar Tumenggungan dalam sehari. “Harga beras medium antara Rp 11.500 sampai Rp 12.000,“  kata Eko Wardoyo.

Hingga sekarang stok beras medium di pasar Tumenggungan, menurut Eko, sebagian besar bukan beras Bulog atau beras lokal Kebumen.

Pedagang masih menerima pasokan  beras medium dari hasil panen di Klaten dan sekitarnya. Harga beras medium plus ini masih lebih tinggi dibanding beras medium Bulog. (sol)