Operasi Zebra Progo Dimulai

204
Kapolres Bantul, AKBP Imam Kabut Sariadi SIK memimpin apel dimulainya Operasi Zebra Progo 2017 di Mapolres Bantul, Rabu (1/11/2017).(istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kapolres Bantul, AKBP Imam kabut sariadi SIK memimpin apel tanda dimulainya Operasi Zebra Progo 2017 di mapolres Bantul, Rabu (01/11/2017). Ditampilkan juga kendaraan pendukung operasi yang berlangsung hingga 14 November mendatang.

“Operasi Zebra progo ini memiliki tiga tujuan,” kata Kapolres.

Pertama adalah penegakan hukum khususnya untuk pelanggar lalu lintas, kedua menciptakan kepatuhan terhadap aturan berlalu lintas dan ketiga untuk menciptakan kesadaran berlalu lintas. Adapun jumlah personil yang dilibatkan ada 155 anggota baik yang ada di tingkat Polres maupun Polsek.

“Akan ada empat sub satgas dalam kegiatan ini yang dilibatkan,” kata Kapolres.

Empat sub satgas tersebut adalah satgas Preentif, Satgas Preventif,Satgas Gakum dan Satgas bantuan.

Baca Juga :  DIY Tegaskan Komitmen Bantu Korban Gempa

“Semua dioptimalkan fungsinya dalam operasi zebra Progo ini. Adapun nanti yang menjadi sasaran razia adalah kendaraan baik kelengkapan ataupun surat-suratnya,” ujarnya.

Iptu Agus Supraja SH Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu melakukan pembinaan kepada siswa yang kendaraannya tidak lengkap saat Sidak ke SMAN 1 Sedayu. (istimewa)

Sementara itu ditempat terpisah, bertempat di SMA N 1 Sedayu telah dilaksanakan razia sidak (inpeksi mendadak) dan pembinaan ketertiban serta kedisiplinan siswa khususnya dalam berkendaraan bermotor.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 13 personil petugas polsek Sedayu yang di pimpin oleh Kanit patroli AKP Dwi Santoso atas permohonan sidak Kepala SMA N 1 Sedayu Drs. Edison Ahmad Jamli. Adapun sasaran sidak kelengkapan Kendaraan bermotor antara lain spion, plat nomor kendaraan, knalpot blombonga, lampu reting dan lainnya.

“Kita sidak untuk melihat kelengkapan kendaraan para siswa disini,” kata AKP Dwi.

Baca Juga :  Ratusan Pelajar Lomba Paduan Suara

Dari hasil sidak diketahui ada 17 kendaraan nbermotor yang tidak sesuai kententuan. Selanjutnya bagi siswa yang kendaraan bermotornya tidak sesuai ketentuan dilakukan pembinaan oleh unit Binmas Polsek Sedayu.

“Kami minta kepada siswa yang membawa kendaraan agar melengkapi kendaraan dan surat-surat yang diperlukan,”kata Panit 1 Binmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH.

Diharapkan kepada para siswa untuk mematuhi juga rambu lalu lintas sehingga berkendara aman dan nyaman bisa diwujudkan bersama. (yve)