OSYSL Resmi Bergulir, Pelatih Diingatkan Tidak “Pressure” Atlet Usia Dini

266
Peserta OSYSL berebut bola dalam turnamen yang berlangsung di Lapangan Jambidan, Bantul, Sabtu (21/04/2018). (istimewa)

 

KORANBERNAS.ID—Turnamen sepakbola anak usia dini Okky Splash Youth Soccer League 2018 Regional Yogyakarta, Sabtu (21/04/2018) resmi bergulir. Sebanyak 46 pertandingan digelar di hari pertama, dengan sistem setengah kompetisi. Turnamen berlangsung di Lapangan Jambidan Banguntapan Bantul, dengan dimeriahkan berbagai games.

Koordinator event Eko Budiyanto menjelaskan, turnamen ini diikuti 30 tim dari 30 SSB se-DIY. Pertandingan dilakukan di lapangan kecil dengan waktu pertandingan 25 menit.

“Seluruh rangkaian turnamen kita gelar selama 4 hari. Finalnya 29 April 2018. Adapun pesertanya kita batasi usia 10-12 tahun,” kata Eko, Sabtu (21/04/2018).

Brand Manager Okky Splash, Bayu Satria menjelaskan, turnamen di regional Yogyakarta menjadi event ketiga setelah sebelumnya digelar di Surabaya dan Malang. Dari Jogja, event akan berlanjut setelah Ramadhan nanti di Semarang, Bandung dan Jakarta.

Baca Juga :  Alana Yogyakarta Gelar Lomba lari 7,5 KM

“Kita hanya mensyaratkan umur. Pesertanya bisa cowok bisa juga wanita. Hanya kebetulan untuk Yogyakarta seluruh pesertanya pria,” kata Bayu.

Menurut Bayu, hal terpenting dari turnamen ini, adalah menyemangati anak-anak untuk berkegiatan positif. Mengusung tema Be Fun Be You, Okky Splash ingin anak-anak berkegiatan positif dengan penuh rasa senang dan ceria.

“Kami percaya, kalau anak-anak melakukan suatu kegiatan dengan senang dan ceria, hasilnya akan lebih baik. Untuk itu, kamipun selalu mengingatkan semua pemangku kepentingan termasuk pelatih dari SSB agar tidak mem-pressure atlet mereka,” lanjutnya.

Sembari menunggu pertandingan, pesepakbola usia dini juga bisa menikmati sejumlah games. (istimewa)

Bayu menambahkan, dalam kompetisi yang diperuntukkan bagi anak-anak KU-12 ini digunakan sistem setengah kompetisi yang membagi 30 SSB dalam beberapa grup. Mereka akan dipertandingkan dalam beberapa fase hingga partai final tingkat regional 29 April 2018.

Baca Juga :  Menpora Beri Anugerah Atlet Nasional

Setelah melewati fase penyisihan di tingkat regional, nantinya SSB dari berbagai daerah akan diambil untuk melakoni penyisihan fase nasional September mendatang.

“Nantinya akan kami pilih 16 pemain terbaik yang akan kami kirimkan untuk berkompetisi di Singa Cup di Singapura awal November nanti,” kata Bayu.(*/SM)