Padat Karya Tunai Dongkrak Ekonomi Rakyat

168
Direktur Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), Imam Santoso, meninjau  Jembatan Sekrikil. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Direktur Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso,  menghadiri acara Pencanangan Kegiatan Padat Karya Tunai Bersih Kali di Kabupaten Temanggung, yang  dilaksanakan di sekitar area Jembatan Sekrikil Parakan Temanggung.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko dan Anggota DPR Komisi V Sujadi, Kepala Dinas PUPR Kab Temanggung.

Tahun 2018, Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11,3 triliun Program Padat Karya Tunai (PKT) di 5.000 lokasi. Di Jawa Tengah dilaksanakan di 454 titik dengan biaya sekitar Rp 102 miliar.

Khusus di Kabupaten Temanggung, PKT akan dilaksanakan di 21 lokasi dengan alokasi anggaran sebesar  Rp 4,5 miliar. Salah satunya akan digunakan untuk pemeliharaan saluran air di Kelurahan Parakan Wetan dan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan.

Baca Juga :  Kapolres dan Dandim Temanggung Serahkan Penghargaan untuk Anggotanya

Dalam sambutanya, Imam berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat yang bisa dirasakan dan diserap langsung oleh masyarakat kecil, karena upah diberikan tunai setelah kegiatan selesai. Dengan demikian masyarakat bisa langsung memanfaatkan hasil yang di dapat dari kegaitan ini.

Pada kesempatan yang sama Heru Sujatmiko juga mengatakan hal senada bahwa setiap orang yang terlibat dalam program PKT akan dibayar secara langsung dan pada hari itu juga. Sehingga pemberdayaan masyarakat perlu digalakkan agar mereka yang menganggur mendapatkan pendapatan. Dengan adanya lowongan pekerjaan baru, diharapkan akan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. (SM)