Pajang Produk di Galeri Upakarti Gratis

Upaya Disperindag Sleman Dorong Masyarakat Gunakan Produk Lokal

123

KORANBERNAS.ID — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman meluncurkan “Galeri Upakarti Sleman”. Galeri ini sebagai wadah pemasaran produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Galeri Upakarti Sleman merupakan upaya re-branding terhadap Showroom Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” kata Dra Tri Endah Yitnani MSi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, Sabtu (23/06/2018).

Galeri ini merupakan fasilitasi tempat promosi dan pemasaran yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sleman bagi UMKM Sleman untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya.

“UMKM Sleman yang memajang produknya di Galeri Upakarti Sleman sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Untuk dapat menitipkan produknya, para pelaku UMKM Sleman harus mengikuti proses kurasi. Tim Kurator Dinas Perindustrian dan Perdagangan selanjutnya menilai kualitas produk, kapasitas dan kontinuitas produksi.

“Selain itu juga kelengkapan label, inovasi dan orisinalitas produk serta bahan dan estetika kemasan,” kata Tri Endah.

Galeri Upakarti sudah diresmikan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun pada Senin 4 Juni 2018.

Pemkab Sleman terus mendorong UMKM berkembang, dengan memfasilitasi promosi, mengajak pameran serta memberikan kesempatan menitipkan produknya di Galeri Upakarti.

Dia berharap dengan dikenalnya produk UMKM Sleman, masyarakat Sleman akan terus mempergunakan produk-produk lokal. (sol)