Paku Alam X Ingatkan Pentingnya Pelihara Batas Tanah

184
Wakil Gubernur DIY Paku Alam X menghadiri Pencanangan Gerakan Pemasangan Tanda Batas Tanah Masyarakat dan Pemberkasan Sertifikat Tanah di Balai Dusun Ngalihan Nglipar Gunungkidul. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Wakil Gubernur DIY Paku Alam X mengingatkan para pemilik tanah untuk senantiasa memelihara batas tanah. Tujuannya supaya tidak terjadi perselisihan atau sengketa.

“Tanah memiliki peran penting di sektor pembangunan. Kita sadari, pada UUD 1945 pasal 33 ayat 3 disebutkan bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat,” tuturnya, Rabu (27/12/2017).

Tatkala menghadiri Pencanangan Gerakan Pemasangan Tanda Batas Tanah Masyarakat dan Pemberkasan Sertifikat Tanah di Balai Dusun Ngalihan Nglipar Gunungkidul, dia menyampaikan pada dasarnya manusia hidup dan melakukan aktivitas di atas tanah.

“Manusia setiap saat berhubungan dengan tanah, secara langsung maupun tidak langsung. Kepastian hukum kepemilikan tanah selalu diawali dengan kepastian hukum  letak batas,” kata dia.

Baca Juga :  Pengecatan Pasar Darurat Terkesan Misterius

Dia menyebutkan, berdasarkan PP Nomor 24/1997 tentang Pendaftaran Tanah, salah satu hal yang paling penting adalah proses pengukuran tanah. “Sebelumnya harus dipastikan tanda batas telah dipasang di setiap sudut bidang tanah,” ungkapnya.

Adapun kewajiban memasang dan memelihara tanda batas dimaksudkan untuk menghindari sengketa batas tanah dengan para pemilik tanah yang berbatasan. Hadir dalam kesempatan itu Bupati Gunungkidul, Badingah. (sol)