Pamer Karya Siswa Tingkatkan Kepercayaan Diri

201
Para siswa SD Joannes Bosco Yogyakarta menjual hasil karya mereka dalam Open House di sekolah, kemarin.(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID— Pendidikan tidak melulu fokus pada ranah kognitif membangun kompetensi peserta didik dalam bidang akademik. Sekolah perlu memberikan ruang pada siswa untuk mengembangkan potensi mereka sesuai bakat dan minatnya.

Hasil karya dari peserta didik tersebut juga perlu dipamerkan pada khalayak, termasuk orangtua murid. Hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya.

“Karena itulah kami memberikan wadah kegiatan bagi anak-anak dalam pameran hasil karya peserta didik yang berhubungan dengan benda-benda langit,” ungkap Kepala SD Joannes Bosco (JBS) Yogyakarta, Tarcisius Tri Indartanta dalam Open House ‘Fun With JBS, Flying to The Sky’ di sekolah setempat, kemarin.

Dicontohkan Tri, para siswa belajar berwirausha secara mandiri. Mereka membuat berbagai suvenir untuk kemudian menjualnya dalam open house kali ini.

Selain itu mereka juga mengikuti sejumlah lomba di bidang seni seperti singing contest, lomba mewarnai dan lainnya. Diharapkan kegiatan tersebut mengasah keberanian mereka menampilkan beragam bakat.

Kegiatan rutin tiap tahun tersebut sebagai wujud sekolah dalam mengembangkan sikap dan wawasan global namun bertindak lokal dengan berbudaya. Dengan demikian sekolah bisa menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, cinta kebenaran dan berwawasan global sesuai dengan visinya.

“Kegiatan ini selain diikuti para siswa kami juga dihadiri ratusan siswa dari sekolah lain,” imbuhnya.(yve)

Baca Juga :  Pembentukan Karakter dengan Pukul Gong