Panahan Menembus Level Olimpiade

203
Pelatih panahan dari 16 provinsi foto bersama di sela-sela pelatihan di Hotel Pandaran Semarang. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan bekerja sama dengan PB Perpani (Persatuan Panahan Indonesia), mengadakan pelatihan pelatih cabang olahraga panahan level internasional di Semarang Jawa Tengah. Kegiatan itu berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu (15-16/09/2017) di Hotel Pandanaran Semarang.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga panahan di level Internasional melalui peningkatan kompetensi para pelatih,” ungkap Suyadi Prawiro, mewakili Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan.

Menurut dia, panahan merupakan salah satu cabang olahraga yang berhasil menembus level Olimpiade, bahkan ke depan diharapkan  mengulang prestasi tiga srikandi di Olimpiade. Prestasi tersebut perlu dipertahankan agar tidak terputus, dengan cara melakukan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan. “Untuk mewujudkan hal tersebut dituntut peran pelatih yang kompeten dan berintegritas,” kata dia.

Baca Juga :  Gerindra Kota Yogyakarta Pasang Target Dua Kursi Per Dapil

Sekretaris Jenderal PB Perpani Alman Hudri mengapresiasi Kemenpora yang memfasilitasi pelatihan ini, karena sangat bermanfaat bagi meningkatkan kualitas pembinaan cabang olahraga panahan khususnya di daerah.

“Saat ini dibutuhkan sinergisitas dan dukungan maksimal dari semua pihak terutama dari pemerintah sehingga orestasi para atlet akan semakin meningkat. Dengan dukungan kuat maka tidak ada ruang untuk tidak memberikan prestasi yang maksimal sehingga mampu membanggakan bangsa dan negara,” ujarnya.

Indonesia, lanjut dia, memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik di bidang olahraga sehingga mampu memiliki para pelatih dengan kualifikasi Internasional.

Pelatihan kali ini diikuti 36 pelatih panahan potensial dari 16 provinsi. Adapun narasumber Michael Soo dari Korea Selatan. Dia adalah tutor dari Federation Internationale de Tir’a l’ Arc (FITA) atau Federasi Panahan Internasional. (sol)

Baca Juga :  Kenaikan Tambahan Penghasilan PNS Disetujui