Panasonic–UGM Dorong Peningkatan Kompetensi Teknisi

213
Pimpinan Panasonic dan Pimpinan UGM saat acara penandatanganan kerjasama, di Kampus UGM Jumat (13/07/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) berkomitmen untuk terus ikut serta dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.

Salah satunya melalui program peningkatan kompetensi melalui kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Kerjasama yang berlangsung di Gedung Pusat UGM Yogyakarta. Kerja sama ini bertujuan untuk membangun pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi dengan kebutuhan pelayanan pasar, sehingga akan terbentuk sumber daya manusia yang berkarakter dan berkompeten di bidangnya.

Wendy Syofyan, HR Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Corporate Social Responsibility serta komitmen perusahaan dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di Indonesia yang berkompeten.

“Selain itu, kami berupaya untuk menghadirkan teknisi yang memiliki 3C (Competency, Communication, Character) serta mengembangkan pendidikan dan pelatihan yang berintegrasi dengan kebutuhan pelayanan. Dengan dasar tersebut, kami berharap akan memberikan peluang akan munculnya tenaga terampil di seluruh wilayah indonesia yang siap bekerja, terutama di bidang instalasi, perawatan dan reparasi,” kata Wendy, di UGM, Jumat (13/07/2018).

Dalam pelatihan ini para peserta akan diberikan materi pengetahuan dasar dan praktik keterampilan mengenai pengelasan, instalasi AC, reparasi AC, serta pengetahuan produk.

Mereka nantinya akan menerima sertifikat dari PT Panasonic Gobel Indonesia. Bagi yang dinyatakan lulus ujian teori dan praktek maka akan mendapatkan diskon 10 persen  pada saat membeli suku cadang Panasonic .

Tahap pertama pendidikan dan pelatihan di Yogyakarta sendiri akan berlangsung selama 6 bulan, yang akan dilakukan di Cabang Service Panasonic Yogyakarta. Sedangkan tahap berikutnya  Panasonic merencanakan membuat  tempat training AC di dalam lingkungan  Universitas.

Wendy mengatakan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat, tidak hanya bagi perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan perekrutan tenaga kerja, tetapi juga bagi universitas dan mahasiswa. Universitas dapat meningkatkan daya saing lulusannya, memperluas wawasan tentang teknologi baru, dan memiliki tempat pembelajaran praktik.

Selain itu, mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi, serta memperluas wawasan baru.

Rubiyono, Manager Service Departement PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, pihaknya juga akan bekerja sama untuk melakukan pelatihan di universitas kota-kota lain sepanjang 2018.

“Kami berharap pelatihan-pelatihan ini mampu memberikan manfaat yang luas. Terutama bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi serta daya saing,” katanya. (SM)