Pancasila Selalu Hidup di Hati Rakyat

119
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, menghadiri acara buka bersama PAC PDI Perjuangan Mantrijeron di Pendapa Cokrosenan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, menyatakan Pancasila merupakan anugerah dari Allah SWT kepada bangsa dan negara Indonesia.

“Kita percaya Pancasila selalu di hati rakyat, karena diyakini menjaga persatuan bangsa Indonesia,” ujarnya pada acara buka bersama PAC PDI Perjuangan Mantrijeron Yogyakarta di Pendapa Cokrosenan, Minggu  (03/06/2018).

Seluruh rakyat, tanpa kecuali harus memiliki kesepahaman, Pancasila merupakan pemersatu bangsa dan menjadi kekuatan perdamaian di Indonesia.

“Namun akhir-akhir ini, Indonesia diganggu masalah intoleransi, radikalisme, terorisme dan kapitalisme yang merangsek ke sendi perekonomian rakyat,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini.

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Yogyakarta itu, dukungan kepada pemerintah agar menyelenggarakan pendidikan Pancasila mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi maupun pendidikan Pancasila bagi masyarakat mendesak untuk direalisasikan.

Baca Juga :  Markas Koramil Dilengkapi CCTV

Dia menegaskan, DPRD DIY dan Pemda DIY sejak 2017 sudah memulai Program Sinau Pancasila yang diselenggarakan di 78 kecamatan dengan peserta lebih dari 8.800 kader.

“Tahun 2018 ini, didukung APBD sebesar Rp 1,4 miliar digelar Program Sinau Pancasila di lima kabupaten/kota se-DIY dan 78 Kecamatan, dengan sasaran utama generasi milenial dan generasi muda,” paparnya.

Selain itu, juga ada program siaran Pancasila sesuai Perda 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Ada pula program Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Keistimewaan bagi PNS DIY.

Ketua PAC PDI Perjuangan Mantrijeron Yogyakarta, Junianto Budi Purnomo, mengatakan acara ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Pancasila 1 Juni 1945, sekaligus buka puasa bersama pengurus dan kader di wilayah Kecamatan Mantrijeron.

Baca Juga :  Penyandang Cacat Merasa Hidupnya Miskin

“Dengan dasar Pancasila kita akan semakin hidup rukun dan damai,”kata Junianto. (sol)