Pandu Juara Voli Senior

499

KORANBERNAS.ID — Klub Bola Voli  Pandu  dari Desa Kemloko  Kecamatan Kranggan berhasil menjadi juara pertama kejuaraan bola voli senior antar-klub kelompok putra se-Kabupaten Temanggung (Kejurkab) tahun 2017 yang diselenggarakan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pengkab Temanggung.

Pada partai final di GOR Bambu Runcing Temanggung Senin (04/12/2017), Klub Pandu mengalahkan klub Pilox dari Desa Pandemulyo  Kecamatan Bulu  dengan skor 3 – 2. Juara 3 ditempati klub Zona dari Desa Kupen Kecamatan Pringsurat yang mengalahkan klub Boom dari Desa Pandemulyo Kecamatan Bulu dengan skor  3-2.

Dengan kekalahan itu Boom harus puas menjadi juara 4. Kejurkab ditutup  oleh Wakapolres Kompol Prawoko ditandai penyerahan  hadiah kepada para juara.

Sedang untuk kelompok putri, juara pertama diraih klub Putri Mandiri  Temanggung  setelah dalam final mengalahkan klub SMK Negeri 2  Temanggung dengan skor 3-1. Tempat ke 3 dan 4 direbut klub Putri Voras Kaloran  dan Askum Kandangan  setelah dalam pertandingan perebutan tempat ke-3  berakhir dengan skor  3-0  untuk Putri Voras. Para juara selain mendapat trofi juga  memperoleh piagam penghargaan dan  uang pembinaan dari panitia.

Partai final putra  antara Pandu  melawan Pilox berjalan seru  Perolehan nilai keduanya berlangsung alot susul menyusul. Kedua tim tampil agresif  saling menyerang melalui smes-smes tajam  yang dilakukan para pemain.

Kemenangan  Pandu diraih  (19 – 25, 25 -21, 20 – 25, 25 – 20 dan set penentuan  set ke-5 dengan skor  15 – 10 ). Untuk perebutan juara 3  antara  Zona  melawan  Boom  juga berlangsung ketat, namun  dewi fortuna nampaknya berpihak pada Zona hingga bisa  menang  3 -2  (25-20,25-19, 17-25, 20-25 dan 15-12).

Partai final putri  antara  Putri Mandiri   kontra  SMK N 2 Temanggung berlangsung seru dan menegangkan. Kemenangan Putri Mandiri diraih dengan skor 3 -1 yakni ( 22-25, 25-20, 25-18 dan 25-18 ).

Pada perebutan juara 3 yang dimenangkan Putri Voras atas  Askum  3 – 0 juga berlangsung menarik  (25-14, 25-15 dan 25-12).

Ketua harian PBVSI Suyono  mengatakan secara keseluruhan  turnamen  bola voli senior antar klub  berjalan menarik disaksikan ribuan penonton.

Kejuaraan bola voli diikuti 66 klub. Mereka terdiri atas 52 klub voli putra, dan 14 klub voli putri yang  berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Temanggung.

Kejuaraan bola voli itu merupakan program kerja Pengkab PBVSI Temanggung 2017 sebagai bagian dari pembinaan prestasi atlet. Kemudian, pembiayaan kegiatan ini di samping dari sumber dana APBD 2017 lewat hibah dari KONI, juga bantuan sponsor PD BPR BKK Temanggung, dan PD Bank Pasar Temanggung.

Kejuaraan kali ini menyediakan hadiah berupa trofi bergilir, trofi tetap, serta uang pembinaan Rp 2,5 juta untuk juara pertama putra, dan uang pembinaan Rp 1,5 juta untuk juara pertama putri.

Juara kedua hingga keempat putra dan putri juga mendapatkan trofi tetap, dan uang pembinaan berjumlah variasi. Hadiah uang itu, antara lain uang pembinaan juara kedua putra Rp 2 juta dan putri Rp 1 juta, juara ketiga putra Rp 1,5 juta dan putri Rp 750 ribu, serta uang pembinaan juara keempat putra Rp 1,5 juta dan putri Rp 500 ribu.

Ketua umum PBVSI Pengkab Temanggung Maesa Soegriwo berharap kejuaraan bola voli tersebut dapat dijadikan sarana konsolidasi organisasi dan manajemen, serta pembinaan prestasi.

Kepada para peserta, Maesa berpesan agar menjaga kebersamaan, sportivitas, fair play, serta persatuan dan kesatuan sehingga perbolavolian di Temanggung semakin maju, berkembang dan berprestasi.

Kejurkab  selain merupakan kalender tahunan PBVSI juga  diselenggarakan  untuk memeriahkan peringatan hari jadi ke-183 tahun 2017. Kejuaraan  bertujuan  sebagai upaya pembinaan  peningkatan prestasi  klub dan untuk mencari bibit  atlet bola voli  andal.

Diharapkan   para atlet  yang terjaring dan terpilih  nantinya bisa  meningkatkan prestasi  olahraga bola voli Temanggung di berbagai event  baik skala lokal, regional maupun nasional bahkan internasional. (sol)