Pantai Timang Memikat Artis Korea

424
Wisatawan menaiki gondola Pantai Timang. (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Banyak kawasan pantai di Gunungkidul yang menawan. Namun eksotisme Pantai Timang di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus ini ternyata menjadi pilihan salah satu lokasi pengambilan gambar variety show asal Korea Selatan, Runing Man.

Dua artis asal Korea, Ji Soo Min dan Lee Kwangsoo, beberapa hari lalu menaiki gondola yang dipasang oleh warga setempat. Dengan lintasan sekitar 100 meter dari tebing Pantai Timang menuju Pulau Panjang, pengunjung akan naik gondola tradisional yang diikat menggunakan tali. Pengunjung akan merasakan sensasi melewati Samudra Hindia dan di bawahnya batuan karang.

Salah seorang yang menjadi penarik Gondola, Sudaslan (33), mengaku sudah diberitahu 15 hari sebelum acara tersebut. Khusus hari pengambilan gambar itu, tak boleh ada wisatawan yang menaiki gondola, kecuali rombongan asal Korea Selatan yang hendak mengambil rekaman video untuk variety show Runing Man.

Baca Juga :  Romo Yosef Bintoro Pr Pimpin Misa Ekaristi

Saat itu, sekitar lokasi sekitar 200 meter harus steril dari pengunjung. Yang diperbolehkan masuk hanya penarik gondola dan kru TV asal Korea. “Tidak ada bedanya dengan wisatawan yang lain. Mungkin karena kami sudah terbiasa, karena biasanya juga banyak wisatawan asal Korea,” katanya Rabu (6/9/2017).

Dia tidak mengetahui kedua artis tersebut digandrungi anak muda, karena televisi miliknya tidak pernah menyiarkan acara tersebut. Bahkan, ratusan fans rela datang ke lokasi untuk menyaksikan artis idolanya.

Untuk proses pengambilan gambar, beberapa kali dirinya dan penarik gondola harus mengulang. “Gondola harus berada di tengah supaya (saat pengambilan gambar) terkena deburan ombak, kalau tidak pas kena ombak harus diulang,” ucap pria yang dibayar Rp 60.000 per hari itu.

Baca Juga :  Puluhan Warga Gunungkidul Hidup Terpasung

Penarik Gondola lainnya, Sumanto mengaku bangga gondola yang ditariknya dijadikan pengambilan gambar variety show asal Korea. Bahkan lokasi tersebut sudah digunakan dua kali, pertama tahun 2013. Tak hanya itu, artis mancanegara maupun artis Indonesia beberapa kali datang untuk menaiki.

“Bangga artis luar negeri banyak ke sini, untuk artis Korea biasa saja, karena wisatawan Korea banyak,” ucapnya.

Sempat ada usulan mengganti penariknya dari tenaga manusia menggunakan tenaga diesel. Namun ditolak karena ingin mempertahankan bentuk dan keamanan.

“Untuk kenyamanan dan keselamatan, tali tambang yang kita gunakan selalu kita ganti jika sudah usang,” ujarnya.

Sebagian besar wisatawan yang berani mencoba gondola wisatawan luar negeri, seperti Malaysia, singapura, dan beberapa negara tetangga lainnya. (yve)