Panwascam Harus Ingat Sumpah

564
Panwaslu Kota Semarang dilantik di di Hotel Pandanaran, Minggu (15/10/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Ketua Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) Fajar Saka menegaskan  sumpah yang telah disampaikan dalam pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Semarang wajib menjadi landasan dalam melaksanakan tugas dan wewenang anggota Panwascam.

“Untuk itu Panwascam dalam menjalankan tugas berdasarkan pada kode etik berbasis pada sumpah yang diambil saat pelantikan, ” lanjut Fajar Saka, Minggu (15/10/2017) siang, di Hotel Pandanaran. Semarang.

Fajar Saka juga mengajak para pengawas pemilu ini untuk menegakkan tagline Bawaslu yaitu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa ada 16 kecamatan di Kota Semarang dengan masing-masing tiga orang anggota Panwascam.

“Selanjutnya ke depan akan dibentuk PPL di 177 di kelurahan dan sebagai ujung tombak di masing-masing TPS, akan dibentuk pula kurang lebih dari 2.643 Pengawas TPS di Kota Semarang,” tambah Muhammad Amin seusai melantik 48 Panwascam se Kota Semarang.

Dalam sambutannya saat pelantikan, Ketua Panwaslu Kota Semarang menegaskan bahwa Panwascam dalam bekerja akan mengutamakan kepentingan negara dibanding kepentingan pribadi dan golongan.

Hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, beberapa camat se-Kota Semarang seperti Camat Tembalang, Heroe Soekendar dan Camat Semarang Tengah, Fravarta Sadman.

Walikota Semarang juga memerintahkan kepada jajarannya di Kecamatan untuk bisa memfasilitasi tugas dari Panwascam se Kota Semarang.

Hal tersebut juga direspon positif para Camat. Mereka siap membantu panwascam melaksanakan tugasnya.

“Kami siap melaksanakan tugas dan memfasilitasi kinerja Panwascam sesuai bagian kami,” tandas Heroe Soekendar dan juga Fravarta Sadman. (ros)