Panwaslu Desa Jadi Ujung Tombak Awasi Pilgub

558
Rapat koordinasi antara Panwascam Tembalang dengan sekretariat dalam rangka persiapan rekrutmen Panwaslu Kelurahan. (b maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pengumuman pendaftaran Panwaslu Desa untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2018 resmi dibuka mulai Sabtu (23/12/2017).

Keberadaan Panwaslu Desa ini akan menjadi ujung tombak pengawasan dan sekaligus penentu kualitas Pilgub yang dimulai dari tingkat desa atau kelurahan di Kota Semarang.

“Jumlah Panwaslu Desa untuk Kecamatan Tembalang terdiri dari satu orang di tiap desa atau kelurahan. Di Tembalang dibutuhkan 12 Panwaslu Kelurahan,” ujar Sonni Kurniawan, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pengawas Kecamatan Tembalang.

Meski begitu, kinerja PPL saat Pilgub 2018 akan tetap bisa maksimal karena dibantu kehadiran pengawas di tiap-tiap TPS. Proses seleksi PPL akan digelar secara transparan dan profesional oleh Panwas Kecamatan.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwascam Tembalang,  Agus Joko, dalam kesempatan yang sama menambahkan pendaftaran seleksi Panwaslu Desa ini pada Sabtu-Selasa (23-26/12/2017). Sedang penerimaan berkas pendaftaran Sabtu-Kamis (23-28/12/2017).

Baca Juga :  Kapasitas Produksi  “Cairan Obat Dalam” Sido Muncul Naik 3 Kali Lipat
Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwascam Tembalang,  Sonni Kurniawan. (b maharani/koranbernas.id)

Bersamaan dengan penyerahan berkas, Panwascam di masing-masing kecamatan di Kota Semarang langsung melakukan penelitian berkas hingga seleksi.

Sementara pelantikan Panwaslu Desa dijadwalkan pertengahan Januari mendatang. “Pelantikan sesuai dengan jadwal direncanakan pada 14 Januari 2018,” katanya.

Meski berada di tingkat desa atau kelurahan namun peran Panwaslu Desa sangat vital. Dia berharap warga masyarakat yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi Panwaslu Desa ini.

“Kita mendorong masyarakat yang memenuhi syarat untuk mengikuti rekrutmen ini. Semakin banyak yang berpartisipasi semakin baik sehingga banyak pilihan,” imbuhnya.

Formulir berkas administrasi calon anggota Panwalu Desa dan keterangan lebih lanjut bisa diperoleh di Kantor Sekretariat Panwascam se-Kota Semarang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwascam Tembalang,  Agus Joko. (b maharani/koranbernas.id)

Syarat mendaftar Panwaslu Desa beragam, mulai dari kelengkapan berbagai dokumen seperti pernyataan setia kepada Pancasila, Undang-undang Dasar dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 serta berdomisili di wilayah desa atau kelurahan yang bersangkutan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga :  Rekomendasi Pembelian Solar Sepi Pemohon

Usia dibatasi minimal 25 tahun dan berpendidikan minimal SMA sederajat serta tak kalah pentingnya calon Panwaslu Desa juga tidak pernah menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun pada saat mendaftar.

Selain itu, tidak pernah dipenjara kasus tindak pidana dengan ancaman lima tahun penjara atau lebih. Dan calon Panwaslu Desa juga tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

“Syarat yang cukup baru bagi Pengawas Desa yakni bebas dari penyalahgunaan narkotika yang dibuktikan dengan surat keterangan. Akan tetapi, syarat ini diserahkan sebelum pelantikan dilakukan,” jelasnya. (sol)