Panwaslu Gandeng Masyarakat Awasi Pemilu

182
Ketua Panwaslu Kota Semarang,  Muhammad Amin (baju lurik hitam putih) memimpin diskusi terbatas sosialisasi pengawasan Pemilu. (maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Semarang berkomitmen mengandeng masyarakat di ibukota provinsi Jawa Tengah ini untuk ikut terlibat dalam pengawasan Pemilu.

“Masyarakat juga menjadi pengawas partisipasif, sehingga pada akhirnya diharapkan Pemilu mendatang bisa demokratis,” kata Muhammad Amin, Ketua Panwaslu Kota Semarang, dalam diskusi terbatas di Sekretariat Panwaslu Kota Semarang, Kamis (26/10/2017).

Diskusi terbatas tersebut dihadiri pula JPPR,  media, unsur perguruan tinggi dan beberapa kalangan terkait. Rencananya, akhir bulan ini Panwaslu Kota Semarang mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu dengan melibatkan beberapa unsur masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini di antaranya untuk membedah pola pengawasan Pilkada sebagaimana UU No 10 Tahun 2016 dan pola pengawasan Pemilu sebagaimana UU No 7 Tahun 2017,” tambah Muhammad Amin.

Baca Juga :  Angkutan Umum Gratis Salah Sasaran

Menurut dia, harus ada penyamaan pemahaman tentang pola-pola pengawasan Pemilu, serta membangun jejaring dengan masyarakat tentang pengawasan Pemilu.

Salah seorang tokoh masyarakat, Hartoto, pada diskusi tersebut menyatakan sangat perlu dilakukan penyebaran informasi dan pengetahuan mengenai pengawasan.

“Hal itu tentu bermanfaat agar menumbuhkembangkan partisipasi pengawasan pemilu di masyarakat,  agar dihasilkan Pemilu yang demokratis,” harap Hartoto. (sol)