Para Wanita, Ayo Deteksi Dini Kanker Serviks

266
Bupati Temanggung HM Bambang Sukarno menyerahkan bantuan jamban kepada warga, Kamis (05/10/2017). (endry yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Para wanita, baik ibu maupun remaja putri di Kabupaten Temanggung dihimbau sedini mungkin mencegah timbulnya penyakit kanker servik dengan melakukan pemeriksaan kesehatan melalui IVA test, baik di rumah sakit maupun di Puskesmas.

“Hal itu penting dilakukan karena bila terdeteksi pra kanker bisa secepatnya diobati supaya sembuh sehat kembali,” ujar Bupati Temanggung, Bambang Sukarno disela bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2017 di Desa Kemloko Kecamatan Kranggan, Kamis (05/10/2017). Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hatimah Bambang Sukarno, Kepala Dinas Kesehatan Suparjo dan pejabat terkait.

Diungkapkan Bupati, kaum ibu berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ibu yang sehat akan membuat Republik ini pun menjadi kuat.

Maka diharapkan ibu-ibu tidak perlu malu untuk memeriksakan diri terutama kesehatan reproduksi melalui IVA Test guna mendeteksi apakah terindikasi kanker leher rahim atau lebih dikenal kanker serviks. Bila hasil pemeriksaan positif pra kanker maka bisa segera diobati sesuai standar pelayanan kesehatan sehingga tidak menjadi kanker dan sehat normal kembali.

“Bila sudah terlanjur menjadi kanker apalagi stadium empat sudah sulit disembuhkan hingga bisa menyebabkan penderita meninggal dunia,” tandasnya.

Selain periksa alat reproduksi, kaum ibu dan remaja putri juga diminta melakukan pemeriksaan untuk kesehatan payudara supaya kesehatannya tetap terjaga sebagai antisipasi terhadap kemungkinan timbulnya penyakit kanker payudara.

“Oleh karena itu kepada ibu-ibu saya harapkan rajin memeriksakan alat reproduksi melalui IVA test baik di Rumah Sakit maupun di Puskesmas-Puskesmas terdekat. Bila positif pra kanker maka secepatnya diobati sebelum bertambah parah,” paparnya seraya menambahkan Pemkab Temanggung mengalokasikan anggaran khusus untuk menangani kesehatan ibu.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Suparjo mengatakan, bakti sosial dalam menyambut Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2107 dilaksanakan diantaranya dengan menyerahkan bantuan berupa jamban WC, genting kaca dan sembako bagi keluarga kurang mampu.

“Kegiatan lain berupa aksi donor darah dan khitanan serta peragaan cara membasuh tangan secara baik dan benar oleh murid Sekolah Dasar,” jelansya. (yve)