Pariwisata Bantul Sarat Prestasi. Apa Sajakah?  

365
Insan pariwisata Bantul menerima penghargaan nasional beberapa hari lalu di Jakarta.(istimewa)

KORANBERNA S.ID–Dunia Pariwisata di Kabupaten Bantul, lagi-lagi menorehkan prestasi di tingkat nasional. Penyerahan penghargaan telah dilaksanakan beberapa hari lalu di Kementerian Pariwisata di Jakarta.

Ni Nyoman Yudi Riani SE Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul mengatakan ada empat prestasi yang disabet secara bersamaan untuk Kabupaten Bantul.

“Tentu ini adalah sebuah prestasi dan kebanggaan bagi kami semua,”kata Nyoman kepada koranbernas.id di kantornya, Selasa (03/10/2017) siang.

Namun prestasi tersebut bukan berarti menjadikan insan pariwisata di Bantul berpuas diri. Justru hal tersebut menjadi penyemangat agar semakin giat lagi mengelola sektor pariwisata dan berprestasi lebih baik lagi. Muaranya adalah peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bantul.

Adapun prestasi yang diraih bersamaan itu adalah Kategori Pelestari Batik untuk Nur Ahmadi dari Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Lima Besar Nasional untuk homestay Sahara Mangunan, Lima Besar Community Based Tourism untuk Desa Wisata Kaki Langit, Dlingo dan Lima Besar untuk Pokdarwis bagi Desa wisata Wukirsari.

Selain itu Kementerian Pariwisata memutuskan obwis di Bantul masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Pemilihan kategori nominasi dilakukan di seluruh Indonesia. Selanjutnya kategori nominasi tersebut akan ditandingkan lagi dengan nominasi di seluruh Indonesia melalui polling suara terbanyak berdasarkan Short Service Message (SMS) yang masuk.

“Untuk itu kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat,”katanya.

Adapun dua obwis yang masuk nominasi adalah untuk kategori  1, Surga Tersembunyi Terpopuler dari DIY masuk Wana Wisata Budaya Mataram, Dlingo. Dan kategori 11, Kampung Adat Terpopuler yakni Desa Wisata Mangunan juga di wilayah Dlingo.

“Kalau secara total untuk nominasi seluruh Indonesia  ada 150 obyek dengan 15 kategori,” kata Nyoman.

Obyek tadi selanjutnya dipertandingkan berdasarkan polling SMS yang dimulai 1 Juni hingga 31 Oktober mendatang. Bagi yang ingin berpartisipasi bisa  melalui website https://anugerahpesonaindonesia.com.

Atau bisa juga dengan cara mengirim sms yakni untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler dengan cara ketik API (spasi) 1C kirim ke 99386. Untuk memilih Kampung Adat Terpopuler Mangunan dengan cara ketik API (spasi) 11 G kirim ke 99386 berlaku untuk semua operator. (SM)