Pariwisata Bisa Bernasib Seperti Ikan Louhan

151
Konferensi pers Festisaka 2018 di ruang Humas Pemda DIY di Kepatihan, Rabu (16/04/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Dari sisi kualitas dan kuantitas pengunjung, sektor pariwisata di DIY menunjukkan peningkatan. Namun demikian pemerintah maupun para pelaku wisata perlu berpikir untuk jangka panjang supaya tidak ditinggalkan wisatawan.

“Pariwisata tidak hanya dari sisi banyaknya jumlahnya pengunjung. Jika salah kemas, nasibnya bisa seperti ikan louhan,” ungkap Bambang Wisnu Handoyo, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY, dalam konferensi pers di ruang humas Kepatihan, Rabu (18/04/2018).

Dia didampingi Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan, Dinas Kominfo serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Seperti diketahui, dulu ikan louhan sempat jadi tren hingga harganya sangat mahal. Ketika tren itu surut, seperti halnya surutnya booming batu akik, tidak sedikit orang yang justru menolak saat diberi ikan louhan gratis.

Baca Juga :  Ratusan Pengendara Kena Tilang

Selaku penasihat kegiatan Festival Seni Alam Terbuka (Festisaka) 2018 yang digelar Sabtu (21/04/2018) di kawasan hutan Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul, Bambang Wisnu menyebut beberapa destinasi wisata di DIY yang mengalami penurunan tingkat kunjungan wisatawan, dua di antaranya sebut saja Goa Pindul Gunungkidul dan Lava Tour Sleman.

“Sebelum hutan Mangunan menjadi destinasi wisata, warung thiwul Mbok Sum tadinya cilik. Setelah kita deklarasi, warung Mbok Sum dadi kaya ngana. Jika pariwisata mode, maka mode itu harus bisa bertahan 25 tahun atau lebih,” ungkapnya.

Aris Riyanta menambahkan, tercatat pada 2016 pengunjung yang datang ke DIY lebih dari 21 juta wisatawan. Potensi besar ini merupakan peluang bagi sektor lain ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menambah pendapatan daerah. Melalui Festisaka 2018 diharapkan promosi pariwisata DIY makin kuat. (sol)

Baca Juga :  Pemilik Bongkar Bangunan Di Atas Pipa BBM