Pasar Beringharjo Pun Sepi

219
Lengang, los di sayap selatan lantai satu Pasar Beringharjo Yogyakarta , Idul Adha Jumat (1|9~2017) siang. (arie giyarto/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Pasar Beringharjo Yogyakarta yang biasanya selalu padat pengunjung, bertepatan dengan hari Idul Adha Jumat (01/09/2017) relatif sepi. Banyak sekali kios yang tutup lantaran tengah merayakan Idul Kurban. Ada pula yang ditinggal  mudik para karyawannya.

Hanya pintu utama yang ramai. Karena selain pedagang banyak yang membuka lapaknya, juga banyak wisatawan domestik yang berdatangan khususnya berburu batik.  Namun untuk sayap kiri dan kanan nampak lengang.

Jalan Pabringan yang biasanya sangat padat, kemarin juga nampak lengang. Becak yang biasanya banyak menunggu penumpang di sana, hanya sedikit yang parkir di tempat itu. Juga pedagang makanan yang biasanya berjejer di sisi selatan Jalan Pabringan, juga hilang dari pandangan.

Baca Juga :  Gemayomi Minta Kasus Pembakaran Dituntaskan

Selain pintu utama relatif sepi pembeli, banyak pedagang yang berada di los kiri dan kanan menutup kios lebih cepat.

“Sepi pembeli. Mending tutup lebih awal,” kata seorang pedagang busana batik kepada koranbernas.id yang melintas di sana.

Sementara itu Ny Yem, pedagang buah asal Banyuraden Gamping Sleman mengaku baru menggelar dagangannya lepas pukul 11.00 WIB.

Yen kurban niku rak dikon nyekseni nggene mbeleh. Alhamdulillah kula saged kurban, anak kula nggih kurban,” kata wanita sederhana berkain dan kebaya itu dengan nada gembira.

Dasarannya sangat sederhana, dialasi tenggok, atasnya tambir untuk memajang dagangan. Ada klengkeng, salak dan mangga. Tempatnya pun hanya di teritisan pojok pasar.  Namun kesadarannya untuk melaksanakan kurban, membuatnya ikhlas menyisihkan sebagian uang yang tidak mudah diperolehnya untuk membayar harga hewan kurban.

Baca Juga :  Isi Libur Lebaran di Pojok Melukis

Sementara Malioboro tetap diramaikan oleh para pejalan kaki. Bangku-bangku yang disediakan untuk santai, tidak ada yang kosong. Meski matahari masih menyengat, mereka nampak menikmati suasana.(Sm)