Pasar Tradisional Diharap Mampu Bersaing

101
Sri Purnomo menandatangani prasasti peresmian Pasar Kolombo di Desa Condongcatur Depok Sleman, Rabu (29/08/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Bupati Sleman, Sri Purnomo meresmikan Pasar Kolombo di Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Rabu (29/08/2018). Sri Purnomo berharap pasar tradisional ini mampu bersaing dengan pasar modern.

“Setidaknya kita bisa mengambil sebagian dari manajemen pasar modern. Salah satunya dalam hal kebersihan. Supaya para pembeli di pasar tradisional merasa nyaman berbelanja di pasar tradisional,” kata  Sri Purnomo.

Untuk itu, Sri Purnomo mengajak seluruh masyarakat khususnya para pedagang yang ada di Pasar Kolombo untuk selalu menjaga kondusifitas. Jika dikelola dengan baik, menurutnya keberadaan Pasar Kolombo akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab pasar ini berada di tempat yang strategis.

“Jalan Jogja-Kaliurang ini sejak dulu ya sudah ramai. Jadi pasar ini adalah pasar desa yang ada di tengah perkotaan Kabupaten Sleman. Maka menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjadikan Pasar Kolombo ini menjadi pasar yang diminati oleh masyarakat,” kata Sri Purnomo.

Reno Candra Sangaji selaku Kepala Desa Condongcatur melaporkan bahwa Pasar Kolombo telah dibangun mulai tahun 2011 hingga tahun 2014 lalu. Namun begitu, Pasar Kolombo baru bisa diresmikan pada tahun 2018 ini.

Dikatakan Reno bahwa pasar yang memiliki 400 kios tersebut selanjutnya menjadi aset yang dikelola oleh Pemerintah Desa Condongcatur. Dia berharap Pasar Kolombo ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga masyarakat di Desa Condongcatur.

“Target kita tahun depan, pendapatan dari pasar ini meningkat Rp 100 juta. Ini sudah kita usahakan bersama-sama dengan pengurus pasar dan paguyuban. Semoga nanti Desa Condongcatur mendapatkan hasil dari kegiatan pengelolaan pasar Kolombo ini,” jelasnya.

Hadir pula pada acara tersebut perwakilan dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Sleman dan Camat Depok, Abu Bakar. Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan potong tumpeng oleh Bupati Sleman.

Di akhir acara, Bupati Sleman bersama para pejabat lainnya berkeliling meninjau kegiatan dan fasilitas di Pasar Kolombo. (SM)