PASI Mencari Bibit Baru di Yogyakarta 10 K

293
Para pelari bersiap melakukan start dalam even Yogyakarta 10 K di Stadion Tridadi, Minggu (26/11/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)  DIY bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan pencarian bibit bibit atlet berprestasi dengan menggelar even yang bertajuk Yogyakarta 10K yang berlangsung pada Minggu (26/11/2017) di Stadion Tridadi Sleman.

Bambang Dewanjaya selaku Ketua Pasi DIY kepada Koran Bernas di sela-sela acara mengemukakan, pencarian bibit atlet harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan serta terprogram.

“Pencarian dan pembinaan bibit atlet harus terprogram dan berkelanjutan. Sehingga bibit atlet yang sudah ditemukan dapat dibina agar prestasinya meningkat. Oleh karena itu berbagai even yang diadakan memiliki fungsi yang sangat strategis. Selain untuk mencari bibit juga dapat menjadi ajang monitor program pembinaan yang telah dilakukan. Dengan banyaknya even maka kekuatan serta potensi yang ada akan menjadi terpetakan dengan jelas. Dan peningkatan prestasi akan menjadi terprogram dengan jelas pula,” katanya.

Bambang mengatakan, akan ada banyak gelaran even yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Dalam kesempatan yang sama Aris Priyanto selaku ketua Pasi Sleman mengemukakan, DIY merupakan tempat yang potensial untuk pembibitan serta pembinaan para atlet.

“Kabupaten yang ada di DIY memiliki generasi muda yang sangat potensial. Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang erat dan sinergis di antara pemerintah daerah serta para pemangku kepentingan sehingga prestasi olahraga akan semakin meningkat,” katanya.

Kegiatan Yogyakarta 10K ini diikuti oleh lebih dari 500 pelari muda yang notabene masih berstatus pelajar dari seluruh DIY.

Juara pertama putra direbut oleh Ilham Ahmad dari SMP Negeri 2 Tempel. Sedangkan juara untuk putri diraih atlet berbakat Mutiara Pasha dari SD Muhammadiyah. Selanjutnya para pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan.(SM)