Pasokan Air Kebumen Tambah Melimpah

339
Instalasi pengolahan air (IPA) bersih di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen yang akan menambah volume air bersih untuk PDAM – TBS Kebumen mulai tahun 2018. Nampak IPA Jatimulyo, Senin (11/12/2017) (Nanang W Hartono/KoranBernas.id)

KORANBERNAS.ID — Manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kebumen sudah mendapat komitmen dari proyek Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Kebumen – Purworejo untuk mendapatkan pasokan air bersih sebesar 50 liter per detik mulai Januari 2018.

Tambahan pasokan yang bukan hasil pengolahan Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM, diperuntukan untuk calon pelanggan baru di Kota Kebumen dan sekitarnya.

“Kami membeli air dari Perusahaan Daerah Air Bersih Jateng,“ kata Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa (PDAM TBS) Zein Musta’in SE MM PFM saat diwawancarai KoranBernas.id.

Zein yang didampingi Kepala Bagian Umum PDAM TBS Suparno SE juga mengungkapkan, PDAM TBS Kebumen baru-baru ini menerima penghargaan Perpamsi Award untuk kategori operasional terbaik dengan jumlah terlayani atau konsumen kurang dari 200.000 jiwa.

Dengan tambahan jumlah air bersih sebanyak 50 liter per detik, PDAM TBS Kebumen merencanakan tahun kerja 2018 menambah 4500 sambungan rumah (SR) baru di Kota Kebumen dan sekitarnya.

Pada semester pertama 2018, tambahan SR diperuntukan di kompleks perumahan dengan jumlah pelanggan sekitar 1.500 keluarga. Direncanakan, pengaliran air yang bersumber dari IPA Jatimulyo, Alian akan bersamaan.

“Air dari IPA Jatimulyo, dialirkan jika sudah siap 1.500 SR baru,“ tambah Zein.

Untuk lebih menjamin pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Jateng ke pelanggan baru, akan dibangun jaringan distribusi air baru sepanjang 17 km. Jaringan di dalam Kota Kebumen akan dialiri air bersih PDAB Jateng.

Investasi pembangunan jaringan baru mencapai Rp 17 miliar lebih, sebagian besar investasi dari PDAM TBS Kebumen, sisanya Rp 2,9 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen dan Kementerian PUPR sebesar Rp 1 miliar.

Zein mengisyaratkan, harga air bersih yang bersumber dari produksi PDAB Jateng akan lebih tinggi dibanding dengan harga air bersih yang bersumber dari IPA milik PDAM TBS Kebumen. Namun belum disebutkan harga jual air bersih yang akan dikenakan ke pelanggan baru.

“Kami membeli dari PDAB Jateng Rp 2.400 per meter kubik,” tandas Zein. (ros)