Patung Soekarno Penanda Rintisan Desa Wisata

175
Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih meletakkan baru pertama pembangunan patung Ir Soekarno di simpang empat Jalan Pemuda, Dusun Teruman, Desa Bantul, Minggu (23/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Untuk menambah destinasi wisata di Kabupaten Bantul akan dibangun patung proklamator RI, Ir Soekarno di simpang empat Jalan Pemuda Teruman, Desa  Bantul, Minggu (23/09/2018). Peletakan batu pertama pembangunan patung Presiden RI tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Abdul Halim Muslih dengan disaksikan Wakil Ketua DPRD Bantul, Hj Arny Tyas Palupi ST dan juga dari pihak pematung Hardo Wardoyo Suwarto pemilik CV Logam Sakti Warga Jonggrangan RT 05 Babadan, Pemerintah Desa Bantul dan tamu undangan lain.

“Saya berharap pembangunan ini nantinya akan menambah khasanah dan destinasi wisata yang ada di Bantul,”kata Wabup. Sekaligus pembangunan patung tersebut sebagai wujud untuk mengenang tokoh yang sangat berjasa bagi negara ini, yakni prokmator kemerdekaan RI.

Baca Juga :  Pemerintah Butuh Wejangan Ulama

Sehingga bisa menjadi media pembelajaran bagi generasi penerus bangsa.

Sedangkan Kasi Kesejahteraan Desa Bantul, Kuswandi mengatakan  anggaran pembanggunan patung bukan dari APBDesa Bantul.

“Namun ini adalah sumbangan salah satu seniman patung asli Desa  Bantul, Bapak Suwarto,”kata Kuswandi.

Tujuan pembangunan  patung , lanjut Kuswandi selaras dengan semangat Desa Bantul yang sedang merintis pengelolaan destinasi wisata dalam  rangka  meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

“Juga untuk ikut memajukan wisata yang ada di Kabupaten Bantul,”kataya.

Walaupun  pihaknya menyadari jika Desa Bantul  sangatlah susah  untuk bisa menyamai desa wisata lain. Mengingat  banyaknya keterbatasan yang dimiliki  Desa Bantul  seperti  tidak cukup banyak memiliki bentangan landscape yang  indah  ataupun deburan ombak  yang  menari  nari menunjukan kecantikanya sehingga mampu  menarik kunjungan wisatawan seperti di tempat lain.

Baca Juga :  Penegak Hukum Harus Satu Persepsi Tangani Pelanggaran Pemilu

“Meski dengan segala keterbatasan, kami  tetap meyakini akan mampu dan  bisa mewujudkanya  Desa Bantul   yang layak untuk dikunjungi wisatawan,”katanya. Salah satu starteginya adalah menggerakan partisipasi masyarakat dengan menggelar even pariwisata dan kebudayaan untuk mewujudkan satu pedukuhan satu potensi  unggulan,.

Sehingga usai peletakan batu pertama pembangunan patung jugA digelar jathilan Tri Manunggal Donosworo Pedukuhan Babadan.

“Juga kami berupaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam proses pembangunan untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat. Dan kami menggandeng semua elemen masyarakat salah satunya Bapak  Suwarto seniman  Dari Jonggrangan, Pedukuhan Babadan yang  menyumbangkan karya patungnya untuk kegiatan penataan ikon wisata,”katanya.

Pemdes Bantul juga mengajak  masyarakat sepenuhnya sebagai pengelola rintisan wisata Desa  Bantul nantinya. (yve)