PAUD Butuh Guru Berkualitas

260
Bupati Bantul memberikan beasiswa kepada perwakilan wisudawan STKIP Catur Sakti saat wisuda XXIX di Pendopo Parasamya, Sabtu (29/09/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangatlah penting. Karena dalam masa usia emas (golden age) itulah seorang anak watak dan karakternya banyak terbentuk. Diperlukan pula seorang tenaga pendidikan yang berkualitas dan berkualifikasi di bidangnya.

“Itulah kenapa kemudian kami fokus pada  jurusan pendidikan anak usai dini,” kata Dr Edi Subarkah MM MPd, Ketua  Sekolah Tinggi  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Catur Sakti Bantul, kepada koranbernas.id didampingi ketua panitia, Drs Ardi Rispurwanto MA di sela wisuda sarjana XXIX di Pendopo Parasamya, Sabtu (29/09/2018).

Para wisudawan dan wisudawati berasal dari Program Studi (Prodi)  Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dengan konsentrasi Pendidikan Prasekolah  dengan jumlah lulusan 126 wisudawan  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)  15 wisudawan.

Wisudawan terbaik adalah Wahyu Rohadi dari konsentrasi PSDM dengan IPK 3,88.

Baca Juga :  Gentong Hias Jadi Ciri Khas Pakualaman

Sidang senat terbuka dipimpin oleh Dr Edi Subarkah MM MPd dihadiri pula Bupati Bantul Drs H Suharsono dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) DIY wilayah V serta keluarga wisudawan.

“Kami berpikir saat ini pendidikan usia dini sangatlah penting, termasuk di Bantul juga banyak PAUD. Kami memantapkan untuk kosentrasi di sana,” tambah Edi.

Kampus yang sudah terakreditasi “B” BAN-PT dengan nomor:3231/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 ini membuka jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)  dengan konsentrasi Pendidikan prasekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).

“Kami terus melakukan sosialisasi tentang pendidikan di STKIP Catur Sakti dengan mendatangi PAUD di wilayah Bantul, Gunungkidul dan wilayah lain. Tujuannya agar para pendidik PAUD mau berkuliah lagi sehingga mampu meningkatkan kualitas mereka,” katanya.

Pihaknya juga tidak membebani biaya kuliah yang mahal, karena mahasiswa cukup membayar SPP Rp 150.000 per bulan dan tidak ada uang pungutan pembangunan.

Baca Juga :  KORPRI Harus Bisa Menjaga Netralitas

“Untuk perkuliahan juga dilaksanakan pada siang mulai jam 13:00 hingga sore,” kata Ardi.

Dengan demikian pada pagi harinya mereka tetap bisa bekerja. Dan bagi yang ingin bergabung kuliah di STKIP Catur Sakti bisa mendaftar ke alamat Kampus  Jalan Wahidin Sudiro Husodo (depan RSUD Bantul-red).

“Dari hasil kunjungan kami ke PAUD setidaknya kini 50 persen pendidik  PAUD sudah bergelar sarjana,” kata Ardi.

STKIP Catur Sakti akan menjalin kerja sama dengan Pemkab Bantul sehingga guru PAUD di Bantul ada yang dikuliahkan menggunakan anggaran dari Pemkab Bantul.

Bupati Bantul Drs H Suharsono berharap ilmu yang didapat selama perkuliahan bisa diterapkan ketika mereka mengajar.

“Semoga  ilmu yang didapat bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata bupati. (sol)