PBB Lunas Berkat Tabungan Bank Sampah

772
Dede Suntoro menunjukkan sebagian sampah  tabungan nasabah Bank Sampah Samiun, Rabu (15/11/2017).  (nanang w hartono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bank Sampah Samiun,  Bank sampah untuk pembayaran  pajak  bumi dan bangunan (PBB), bukan nama asing bagi sebagian  warga Kelurahan  Kebumen Kecamatan   Kebumen Kabupaten Kebumen.

Bank sampah  yang dikelola warga  Kelurahan Kebumen ini, kini memiliki 300 nasabah. Nasabah yang rajin menabung dalam wujud  sampah rumah tangganya,  bisa melunasi  PBB Perkotaan dari hasil menabung sampah.

“Dari kegiatan memilah sampah rumah tangga, nasabah bisa mendapatkan uang, lingkungan juga  bersih,“ kata Dede Suntoro, Kepala Kelurahan  Kebumen yang juga Pelindung Bank Sampah Samiun kepada koranbernas.id, Rabu (15/11/2017).

Nasabah tidak perlu membawa sampah yang hendak ditabung ke  kantor bank sampah. Petugas bank sampah yang  mengambil sampah milik nasabah, secara rutin. Petugas bank sampah yang mengangkut sampah nasabah ke kantor bank sampah di  Kantor  Keluarahan Kebumen.

Baca Juga :  Jaga Warga Bisa Berperan Redam Emosi Warga

Dede Suntoro mengungkapkan, bank sampah yang dibina Bidang Lingkungan Hidup Dinas  Perumahan  Permukiman Kawasan dan Lingkungan  Hidup Kebumen itu, setiap bulan menerima tabungan sampah nasabah 2 ton sampai 3 ton.

Setiap kali menabung sampah, tidak   menerima uang tunai.  Buku  tabungan  nasabah hanya berisi  berat dan jenis sampah.  Pada saat dibutuhkan untuk membayar PBB Perkotaan, tabungan sampah nasabah dihitung nilai rupiahnya, berdasarkan berat, jenis sampah  dan harga per kilogram.

Nasabah bank sampah tidak hanya  bisa melunasi PBB,  bisa untuk  pelesiran nasabah dan   membayar PBB tahun berikutnya.

Menurut Dede Suntoro, Bank Sampah Samiun yang menjadi  salah satu  bagian  penilaian dalam meraih penghargaan  Adipura untuk Kota Kebumen ini,  selain bermanfaat untuk nasabah, juga  bermanfaat untuk pengelolaan sampah  rumah tangga.

Baca Juga :  Rumah Terdampak NYIA Mulai Dirobohkan

Bank  sampah ini mendapat nilai  di atas ambang batas yang diperhitungkan untuk meraih Adipura. (sol)