PDAM Bakal Penuhi Kebutuhan Air NYIA

149
Masterplan NYIA di Kulonprogo (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo akan mensuplai kebutuhan air bersih untuk New Yogyakarta International Airport (NYIA). Saat ini bahkan dimulai pembangunan Jaringan Distribusi Utama air bersih menuju lokasi bandara NYIA.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Binangun, Jumantoro, Selasa (27/03/2018) menjelaskan, pembangunan jaringan dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Program tersebut dilaksanakan oleh Satuan Kerja Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (Satker PKPAM) DIY.

Dikatakan oleh Jumantara, penyambungan jaringan ditargetkan selesai akhir 2018. Yaitu dengan cara menyambung jaringan pipa yang ada sudah ada, dimulai dari wilayah Garongan, Panjatan hingga ke Glagah, Temon. Panjang pipa kurang lebih 12 kilometer dengan diameter 250 milimeter atau 10 inch. Air baku yang dialirkan merupakan air Sungai Progo yang berasal dari Bendung Sapon, Sidorejo, Lendah.

“Kebutuhan air bersih NYIA, sesuai permintaan yang disampaikan oleh Angkasa Pura I, diperkirakan mencapai 2.100 meter kubik per hari. Dialirkan dengan debit air sebesar 35 liter per detik,” katanya.

Dijelaskan Jumantara, sekarang ini debit air PDAM sebesar 360 liter/detik yang mencakup jaringan se-Kulonprogo, PDAM telah memiliki air olahan dengan debit 80 liter/detik. Dari sana, 30 liter/detik dialirkan untuk NYIA dan 50 liter/detik untuk kebutuhan harian domestik.

“Itu penyaluran awal, nanti saat NYIA beroperasi, debit ditambah lagi. Pada 2020 juga akan dilakukan penambahan debit air sebesar 200 liter/detik,” ujarnya.

Menurut Jumantara pihaknya terus meningkatkan kemampuan dalam produkdlsi hingga kualitas pelayanan.

“Meski saat ini warga sekitar bandara masih suka sumur gali kedepan tentu ada perubahan. Sehingga kami akan selalu mengantisipasi, termasuk prediksi akan dengan cepat menjadi sebuah kota” katanya.

Sementara Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kulonprogo, Muhtarom Asrori menilau, apa yang dilakukan oleh PDAM adalah langkah yang bagus.

Namun dia mengingatkan, agar jangan hanya sekadar mengejar memperoleh pelanggan baru. PDAM juga harus terus menjaga dan meningkatkab kualitas pelayanan kepada deluruh pelanggan PDAM.(yve)