PDAM Klaten “Memburu” Pelanggan

1279
Dirut PDAM Tirta Merapi Irawan Margono saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan karyawan. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Kabupaten Klaten menjadikan usianya ke-40 tahun sebagai wahana untuk mengintrospeksi diri. Banyak suka duka yang dialami. Namun diusianya yang ke-40 tahun ini jumlah pelanggan belum seperti yang diharapkan pemerintah pusat.

Belum tercapainya harapan tersebut diakui Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Merapi Irawan Margono. Saat bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT ke-40 PDAM Tirta Merapi di pekarangan kantor Jalan Tentara Pelajar Kelurahan Gayamprit Klaten Selatan, Irawan Margono mengatakan saat ini jumlah pelanggan PDAM baru sekitar 40 ribuan.

“Diusianya yang ke 40 tahun ini jumlah pelanggan ada sekitar 40 ribuan sementara harapan pemerintah pusat di tahun 2019 tercapai program 101 ribu,” katanya.

Diakui, diusia yang ke-40 tahun banyak suka duka yang dialami. Namun berkat kerjasama semua pihak dan pemangku kebijakan dalam hal ini Pemkab Klaten berbagai permasalahan bisa diminimalisir.

Mantan Kabag Hukum PDAM itu menambahkan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mulai mengerjakan 1891 sambungan rumah di berbagai wilayah seperti kota, cabang barat, timur dan lain sebagainya.

Sekretaris Daerah Joko Sawaldi yang hadir mewakili Plt Bupati Sri Mulyani mengatakan, dengan jumlah penduduk 1,4 juta jiwa dan jumlah pelanggan 40 ribuan artinya masih banyak peluang yang digarap PDAM.

“Pangsa pasar PDAM masih terbuka lebar. Peningkatan jumlah pelanggan hendaknya diikuti peningkatan pelayanan pula,” ujarnya.

Disela-sela upacara yang dihadiri seluruh karyawan, mantan direksi, pengawas dan pinisepuh PDAM itu juga diserahkan penghargaan kepada 10 karyawan yang memiliki masa kerja 10, 20 dan 30 tahun lebih

Selain itu juga diserahkan cinderamata kepada mantan Dirut PDAM Ambar Muryati yang turut hadir dalam upacara tersebut. (Masal Gurusinga/SM)