PDAM Semakin Dicari Masyarakat

434
Dwi Nurwanto SE MM. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25  di Gedung Serba Guna Kabupaten Sleman, Kamis (02/11/2017).

Acara HUT kali ini dihadiri jajaran Forkompimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI mengatakan PDAM akan semakin dicari oleh masyarakat. Artinya, peran PDAM sangat penting di tengah pertumbuhan jumlah penduduk dan pembangunan infrastruktur yang semakin pesat.

Pembangunan perumahan padat penduduk  mengakibatkan kandungan air di tempat tersebut tidak memenuhi standar kesehatan.

“PDAM harus bisa hadir melayani mereka semuanya, dengan mempertahankan lingkungan yang bersih, lingkungan sehat, dengan bisa menghadirkan air yang bersih, air yang jernih,” kata dia.

Sri Purnomo juga mengapresiasi inovasi PDAM Kabupaten Sleman yang memproduksi Air Mineral Daxu, akronim Dari Air Kaliurang.

Baru satu tahun, Daxu sudah mendapatkan izin terkait perindustrian, perdagangan dan sertifikasi Halal. Daxu harus bisa menjadi produk kebanggaan masyarakat Sleman.

“Kita harus punya gerakan yang lebih menggigit. Kita upayakan ketika dilaunching, nanti sudah harus ada agen-agen yang resmi,” jelasnya.

Dwi Nurwanto SE MM selaku Direktur PDAM Kabupaten Sleman mengungkapkan masyarakat dapat membeli Daxu di dua tempat.

Pertama, di koperasi milik Pemerintah Daerah, kedua, Daxu di toko-toko retail atau agen resmi. “Namun untuk agen resmi baru bisa setelah launching di bulan Desember nanti,” jelasnya.

Pada usia peraknya, PDAM Kabupaten Sleman mampu melayani 23,47 persen dari total penduduk di Kabupaten Sleman. Layanan PDAM bisa dimanfaatkan masyarakat di seluruh kecamatan, kecuali Cangkringan.

Perayaan HUT PDAM Kabupaten Sleman ke-25 ini juga diisi kegiatan di antaranya memberikan layanan sambungan murah yaitu Rp 300.000 per unit kepada masyarakat, Tanam Pohon di lokasi Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan bakti sosial di panti-panti, tempat ibadah, kampung dan karyawan. (sol)