PDIP Jaring 64 Orang Bacaleg, 42 Persen Wanita

313
Ketua DPC PDIP Bantul, Aryunadi melihat proses verifikasi Bacaleg di Kantor DPC PDIP Bantul, Kamis (10/05/2018) malam. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.IDMenghadapi Pemilu Legilatif (Pileg) 2019, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul melakukan berbagai persiapan. Diantaranya dengan penjaringan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang dilakukan di semua kecamatan.

“Kami melakukan penjaringan di semua PAC dan mendapatkan nama-nama yang kemudian menjadi Bacaleg dan harus melengkapi berkas yang dibutuhkan. Berkas tersebut diverifikasi kelengkapannya oleh tim sembilan kami,”kata Ketua DPC PDIP Bantul, Aryunadi SE saat melihat langsung proses  verifikasi berkas Bacaleg di Kantor DPC PDIP Bantul, jalan Lingkar Timur  Manding, Kamis (10/05/2018) malam.

Adapun jumlah Bacaleg yang terjaring untuk DPRD Bantul ada 60 orang dan 4 orang untuk Bacaleg DPRD DIY atau total 64 orang. Semua yang terjaring itu merupakan kader partai, karena salah satu syarat menjadi caleg partai berlambang banteng moncong putih tersebut adalah mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA).

Baca Juga :  Dapat Kursi Roda, Mbah Siyah Berkaca-kaca

Dari jumlah itu, sebanyak 24 orang atau 42 persen adalah perempuan. Angka ini jauh di atas ketentuan UU dimana untuk kuota perempuan diamanahkan 30 persen.

Nantinya, dari verifikasi tersebut jika sudah lengkap akan dilakukan seleksi tim internal DPC PDIP Bantul untuk diambil 45 nama yang akan dikirim ke DPP PDIP Perjuangan melalui DPD PDIP DIY.

45 nama tersebut dimintakan ke DPP untuk ditetapkan sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS) . Setelah ditetapkan DPP PDIP, nama-nama tersebut akan dikirim ke KPU Bantul  awal Juli sebelum akhirnya dilakukan uji publik.

“Jumlah 45 itu adalah jumlah maksimal  sesuai UU karena jumlah kursi di DPRD Bantul dalam Pileg 2019 adalah 45 kursi,”kata Aryun.

Baca Juga :  PGRI Gondangrejo Ziarahi Makam Pejuang Guru

Dirinya yakin, untuk Pileg mendatang suara PDIP di Bantul bisa meningkat dari Pileg 2014 sebanyak 151.000 suara atau 12 kursi. Keyakinan ini dilihat dari banyaknya Bacaleg yang terjaring dan meningkat dari Pileg sebelumnya serta masuknya kader-kader muda yang masih fresh.

“Saya optimis suara kita bisa meningkat dengan banyaknya kader muda dan kader baru selain tentunya kader lama dan juga seluruh kekuatan partai. Target saya setiap Daerah Pemilihan (Dapil) kita mendapat 3 kursi, sehingga untuk Bantul dengna 6 Dapil bisa mendapat 18 kursi di DPRD  Bantul,”tandas Aryun. (SM)