Pedagang Pasar Pagi Tumenggungan Makin Banyak

468
Suasana Pasar Pagi Tumenggungan, pada hari Minggu (19/11/2017). (nanang w hartono/ koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Pasar Pagi Tumenggungan, pasar yang diperuntukan bagi pedagang yang tidak tertampung di Pasar Tumenggungan Kebumen, semakin padat.  Jumlah pedagang  terus bertambah. Mereka tidak hanya  menempati area parkir di dalam pasar. Tempat-tempat yang diperuntukan taman juga digunakan pedagang untuk menggelar usaha.

Pengamatan koranbernas.id, di pasar ini Minggu (19/11.2017)  menunjukkan, jumlah pedagang terus bertambah. Area pasar pagi terus melebar. Pedagang baru menggunakan area parkir di luar pasar pagi untuk berusaha. Sedangkan pedagang baru yang merasa area itu kurang  strategis memanfaatkan area taman dan pinggir jalan. Area taman yang digunakan berada di Jalan  Kusuma Kebumen.

Penggunaan area taman ini, tentu menjadikan   pemandangan yang tidak menarik. Area yang semestinya untuk ruang terbuka hijau oleh beberapa pedagang digunakan untuk lapak.

Baca Juga :  Kabar Gembira!. Hanya Tunjukan e KTP, Bebas Biaya Berobat

Beberapa pedagang yang memanfaatkan area taman, menjual gorengan  dan minuman untuk pedagang  pasar pagi. Kondisi semacam ini jika terus dibiarkan,  area tanaman bisa menjadi tempat berdagang permanen.

Bidang Lingkungan Hidup pada Dinas Perumahan Permukiman, Kawasan dan  Lingkungan  Hidup akan menata tanaman hias di area itu. Dikhawatirkan  tanaman rusak, oleh ulah pedagang tidak bertanggung jawab.

Adanya pungutan terhadap pedagang di semua area, termasuk  yang  menempati area taman dan pinggir jalan, bisa menjadikan mereka merasa dibolehkan memanfaatkan area yang tidak  diperuntukan bagi berdagang. Pungutan  terhadap mereka yang dilakukan  pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen, diterapkan kepada semua pedagang.

Jam berdagang yang dibatasi mulai jam 04.00 – jam 07.00 WIB, seringkali melampaui jam buka pasar pagi. Mereka baru menutup usahanya  jam 08.00 WIB.

Baca Juga :  Orang dengan Gangguan Jiwa Butuh Dipedulikan

Pasar Pagi ini oleh sebagian warga Kota Kebumen  dianggap sebagai destinasi wisata. Beberapa pengunjung atau konsumen Pasar Pagi mengakul ingin refresing, dengan cara berbelanja di pasar pagi.  Barang yang diperdagangkan umumnya bahan makanan. (SM)