Peduli Desa, Warga Wirosari Cor Jalan

451
Warga Wirosari dengan penuh semangat bergotong royong mengecor jalan, Jumat (22/06/2018). (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Warga masyarakat dusun Wirosari Desa Karangtejo Kecamatan Kedu bekerja bakti bergotong royong melakukan pengecoran jalan konstruksi rabat beton Jumat (22/6/2018). Pengecoran bertujuan untuk menyediakan sarana jalan yang memadai dan nyaman dilalui.

Ketua panitia pembangunan Sugiharto ketika ditemui disela-sela acara tersebut mengatakan, pembangunan jalan yang di betonisasi yakni sayap sisi kanan dan kiri jalan utama yang sudah diaspal agar lebih lebar dan keras. Panjang jalan yang dicor sepanjang 100 meter terbagi menjadi dua sisi, sisi kanan 50 meter dan sisi kiri 50 meter masing-masing lebar 1,8 meter dengan ketebalan cor beton 12 cm.

Untuk menggarap proyek tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp.30 juta yang bersumber dari swadaya masyarakat dan bantuan pemerintah. Pengerjaan proyek dikerjakan secara betrgotong royong oleh warga masyarakat selama tiga hari sejak Rabu (20/06/2018). Selama dua hari warga menyiapkan lokasi berupa pengerukan tanah dan pemasangan plastik dan setelahnya melakukan pengecoran.

“Jalan yang dicor rabat beton ini nantinya akan tersambung dengan jalan tengah dusun yang beberapa tahun lalu sudah dirabat beton. Dengan demikian seluruh jalan utama dusun saat ini kondisinya sudah mulus cor beton semua” tuturnya

Dikemukakan pembangunan jalan rabat beton dilaksanakan bertujuan untuk tersedianya sarana jalan yang memadai kuat, keras dan mulus agar nyaman dilalui. Selain itu bisa untuk papasan dua kendaran roda empat berbeda dengansebelumnya karena sempit tidak bisa untuk papasan sehingga salah satu kendaraan harus mengalah keluar dari badan jalan.

Sugiharto menambahkan, warga juga melakukan kerja bakti gotong royong menyempurnakan jalan sisi tengah dusun juga dengan pengecoran senilai Rp 5 juta. Jalan tersebut setelah dilakukan pavingisasi kondisnya belum sempurna karena disisi kiri dan kanan masih berlobang sehingga disempurnakan dengan cor beton.

Kepala Desa Karangtejo Muhamad Atang mengapresiasi semangat kerja warga Dusun Wirosari dalam pengecoran jalan meski. Kini dengan telah dilakukan pengecoran menambah keindahan lingkungan lebih-lebih jalan yang dicor berada di pintu gerbang masuk desa sehingga otomatis mempercantik wajah desa.

Keberadaan jalan tersebut selain memperlancar arus transportasi juga berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian warga yang setiap hari dilalui utamanya untuk membawa hasil-hasil pertanian.(yve)