Pegiat Desa Wisata Purbalingga Belajar ke Malang

294
Salah satu sudut desa wisata di Purbalingga, tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, yang dikenal karena memiliki mata air "Sikopyah". (prasetyo)

KORANBERNAS.ID — Para pegiat desa wisata Purbalingga kini sedang mengikuti studi banding ke Desa wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis – Minggu (9–12 November 2017).

Studi banding yang difasilitasi Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, diikuti 40 orang peserta. Selain belajar di desa wisata Pujon Kidul, peserta juga akan mengunjungi destinasi wisata Museum Angkut di Malang.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Drs Mulyanto mengatakan, dipilihnya Desa Pujon Kidul karena desa ini termasuk desa yang cepat dalam membangun destinasi wisata yang berbasis keindahan alam dan sekaligus memasarkannya.

Sejumlah destinasi yang digerakan warga masyarakat seperti camping ground, outbound, wisata petik sayur, edukasi membuat biogas, edukasi beternak, dan banyaknya spot selfi di sekitar café sawah,” kata Mulyanto, Kamis (9/11/2017).

Baca Juga :  GPK Khitoh Memilih Vakum

Mulyanto menambahkan, dengan menjual potensi alam, sejatinya desa wisata di Purbalingga bisa meniru destinasi wisata buatan dengan berbagai spot foto yang menarik. Suasana alamnya yang dibawah pegunungan juga mirip di Purbalingga.

“Hanya manajemen pengelolaan desa wisata dan strategi pemasarannya yang perlu kami serap,” tambah Mulyanto.(yve)