Pegiat Lingkungan Berlatih Jurnalistik

318
Dr Drs Sugeng Priyanto MSi, membuka pelatihan Pembentukan Kanal Komunikasi dalam Mengembangkan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Senin (28/08/2017), di @HOM Platinum Jalan Gowongan Kidul Yogyakarta.

KORANBERNAS.ID — Puluhan pegiat lingkungan hidup dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdiri dari komunitas peduli lingkungan, kelompok perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan serta kader konservasi dan pelestari lingkungan hidup dan kehutanan, selama dua hari Senin dan Selasa (28-29/08/2017) mengikuti pelatihan jurnalistik.

Kegiatan yang berlangsung di @HOM Platinum Jalan Gowongan Kidul Yogyakarta ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Jawa, Bali Nusra. Pelatihan kali ini merupakan bagian dari program Pembentukan Kanal Komunikasi dalam Mengembangkan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan.

“Dibangunnya kanal komunikasi ini untuk menjembatani apa yang sudah berhasil,  belum berhasil atau tidak berhasil. Saya mengehendaki seperti itu dan berharap kanal ini lebih transparan, sehingga komunukasi tidak njomplang,” ungkap Dr Drs Sugeng Priyanto MSi, Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Jawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tatkala membuka acara itu.

Baca Juga :  Jogja Kekurangan Pohon Perindang, Kenapa Ditebang ?

Menurut dia, dengan adanya kanal komunikasi, pemerintah tinggal menjadi pengungkit dan memberikan stimulan agar kanal tersebut berfungsi maksimal. Hanya saja dia berpesan, kanal tersebut harus hadir secara kontinyu.

Selain itu,  juga harus kredibel, tidak sebaliknya menjadi hoax seperti yang terjadi akhir-akhir ini. “Inilah pentingnya kanal komunikasi yang andal dan terpercaya,” kata dia. Adapun narasumber pada pelatihan kali ini adalah wartawan anggota PWI Cabang Yogyakarta, Dwi Suyono dan Rulianto. (sol)