Pegiat Medos Harus Kreatif dan Bijak  

140
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto memotong tumpeng usai menjadi keynote speaker Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guides 2018 ((istimewa)

KORANBERNAS.ID — Seiring kemajuan teknologi komunikasi,  warganet memiliki peran sangat strategis dalam upaya pengembangan perekonomian daerah.

“Perkembangan teknologi informasi begitu cepat,  warganet bisa memberikan kontribusi positif dengan menjadi local guide,” ujarnya usai menjadi keynote speaker Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guides 2018 bertajuk Pemanfaatan TIK untuk Local Guide di Yogyakarta, Jumat (10/08/2018),  di Pendapa Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Menurut dia, pegiat sosmed juga berperan mempromosikan wisata daerah termasuk kuliner, destinasi wisata serta berbagai potensi daerah lainnya.

Jika Pemda merekomendasikan untuk menggandeng para pegiat sosial media, mereka menjadi mitra strategis dalam mempromosikan destinasi wisata di Jogja.

“Kita juga berpesan agar para pegiat medsos tetap menjaga kepentingan nasioal bangsa Indonesia. Kita adalah bangsa berdaulat di tengah derasnya arus teknologi informasi yang mendunia,” kata alumni Magister Ekonomi Publik UGM tersebut.

Saat ini dengan teknologi,  pola interaksi positif, penggunaan internet secara bijak lebih memberikan keuntungan bagi banyak orang serta bagi perekonomian di daerah.

Apalagi dengan hadirnya beragam aplikasi dan keberadaan tempat usaha baru termasuk tempat kuliner, destinasi wisata membutuhkan promosi agar bisa dikunjungi banyak orang.

“Apresiasi saya bagi warganet yang aktif berinteraksi dengan lebih produktif, jadi bagian dari Indonesia local guide. Ini peluang anak muda berkarya,  produktif,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan dapil kota Yogyakarta Eko Suwanto itu.

Di hadapan 250 peserta Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guide yang hadir dari berbagai provinsi,  Eko Suwanto berpesan agar dalam memanfaatkan teknologi bisa lebih bijak. Komunikasi harus dipandu dengan budi pekerti dan hati nurani.

“TIK akan bermanfaat jika dipandu oleh hati untuk membahagiakan hatinya orang lain, menjadi local guide positif untuk membangkitkan ekonomi lokal, asal kreatif kontennya,” kata dia.

DPRD mendukung Pemda DIY membantu sarana prasarana serta diklat pemanfaatan IT bagi masyarakat. “Insya Allah akan diresmikan Co Working Space yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara gratis, selain pembangunan free wifi di 112 lokasi dan pembangunan infrastruktur berupa fiber optic dan berbagai sarana prasarana lainnya.

“Prinsipnya kita dukung pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan IT untuk meningkatkan akses pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY  itu. (sol)