Pelajar Luar Kota Minati Try Out SBMPTN UP45

459
Para calon peserta try out sedang antre di Kampus UP 45 Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta, menggelar Try Out SBMPTN 2018, Minggu (21/01/2018). Sebanyak 828 pelajar tercatat mengikuti try out ini, dengan sebagian diantaranya datang dari Surabaya, Palembang dan sejumlah kota di Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, try out, menjadi salah satu cara bagi para pelajar SMU kelas 3 dan yang sederajat untuk mengukur kesiapan mereka mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Banyak lembaga yang secara rutin menggelar try out. Namun try out yang digelar oleh UP 45 ini lain dari biasanya.

“Kita sengaja menggelar try out di awal tahun. Kalau pihak lain biasanya mengadakan try out sudah mendekati jadwal pelaksanaan seleksi masuk PTN,” kata Wakil Rektor UP 45 Muhamad Ali Sukrajap SE MBA, kepada koranbernas.id, Minggu (21/01/2018).

Pelaksanaan try out diawal tahun ini, bukan tanpa pertimbangan. Menurut Ali, pelaksanaan di awal tahun ini diharapkan dapat membantu para calon mahasiswa sedini mungkin mempersiapkan diri untuk seleksi masuk PTN.

Peserta serius mengerjakan soal-soal dalam try out di Kampus UP 45 Yogyakarta, Minggu (21/01/2018). (istimewa)

Try out ini, menjadi kegiatan pertama yang dilakukan oleh UP 45 bekerja sama dengan Alumni OSIS Indonesia. Untuk Jogja, kegiatan try out hanya diadakan di kampus UP 45 di Babarsari. Namun disaat bersamaan, try out ini juga digelar di 31 kota di seluruh Indonesia.

“Ini yang pertama. Tapi setelah inipun, kami masih akan mengadakan try out- try out berikutnya. Kita ingin maksimal membantu adik-adik pelajar kelas 3 SMU dan sederajat untuk mendapatkan perguruan tinggi terbaik yang mereka inginkan. Kalaupun mereka nantinya tidak berkesempatan masuk PTN yang dituju, kami UP 45 tetap akan memberikan pendidikan yang berkualitas untuk mereka yang kemudian memilih kuliah di UP 45,” tandasnya.

Sebagai kegiatan pertama, pihak UP 45 sangat serius melakukan persiapan untuk pelaksanaan try out ini. Diantara yang dilakukan adalah menggandeng komunitas food truck untuk menyediakan kebutuhan konsumsi bagi peserta. Ada pula perwakilan Euro Management yang membuka booth khusus untuk melayani peserta yang ingin tahu lebih jauh soal studi di Eropa.

Seretan food truck melengkapi persiapan panitia try out di UP 45. (istimewa)

“Kita gandeng Euro Management agar para peserta juga punya wawasan kuliah di luar negeri khususnya di Eropa. Ke depan, perusahaan yang berkantor di Jakarta ini akan membuka perwakilan di kampus UP 45 untuk pasar Jogja dan sekitarnya,” imbuh Ali sembari menyebut seluruh kegiatan ini didukung penuh pihak Pertamina.

Faizal Aco selaku panitia menambahkan, dari sisi materi soal, pihak tim dari Alumni OSIS sudah menyusun soal yang 90 persen memiliki akurasi seperti materi-materi soal ujian masuk PTN senyatanya. Hal ini, lantaran tim dari Alumni OSIS sudah berpengalaman cukup lama menggelar try out dan mengkaji materi soal ujian masuk dari tahun ke tahun.

Pelaksanaan try out ini juga sengaja digelar di kampus dengan memanfaatkan ruang-ruang kuliah. Cara ini diharapkan bisa membekali para calon mahasiswa pengalaman merasakan langsung suasana atau atmosfer perkuliahan di perguruan tinggi.

“Entah mereka nanti akhirnya akan kuliah dimana, tapi atmosfernya tentu saja berbeda dengan saat mereka masih di bangku SMU. Pengalaman ini tentu tidak mereka dapatkan ketika mengikuti try out di ruang lebih terbuka seperti misalnya di aula sekolah, di GOR dan sebagainya seperti yang selama ini banyak dilakukan panitia lain,” kata Faizal.

Para pelajar dari SMA Taruna Nusantara Magelang ikut try out di UP 45. (istimewa)

Pihak kampus UP 45 sendiri, lanjut Faizal, memberikan fasilitas untuk para peserta try out. Peserta yang meraih nilai 10 besar dan tertarik studi di UP 45 akan mendapat beasiswa khusus. Kemudian yang masuk 50 besar, otomatis dapat kuliah tanpa melalui test seleksi.(SM)