Pelajar Tak Malu Main Ketroprak

60
Peserta FKP tingkat SMA/SMK dari SMK 1 Klaten saat latihan di aula SD Kristen Jalan Seruni Klaseman Klaten Tengah. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Tidak semua pelajar masa ngefans dengan artis Korea. Buktinya, para pelajar di Klaten Jawa Tengah ini tidak malu main ketoprak, kesenian asli warisan leluhur itu.

Terbukti, penyelenggaraan Festival Ketoprak Pelajar (FKP) IX tahun 2018 benar-benar meriah dan luar biasa. Jika FKP sebelumnya dilaksanakan tingkat Kabupaten Klaten, tahun ini sudah tingkat Provinsi Jawa Tengah. Bahkan jumlah peserta juga semakin banyak.

“FKP tahun ini diikuti 58 sekolah terdiri dari 15 SD, 16 SMP dan 27 SMA/SMK. Peserta berasal dari sekolah di wilayah Klaten, Sukoharjo, Boyolali dan Karanganyar,” kata Edy Sulistyanto, pimpinan Amigo Group, didampingi Ketua Panitia FKP IX, Eko Haryanto, Rabu (05/09/2018).

Baca Juga :  Dakwah Milenial Rofa Band Lewat Musik

Khusus FKP tingkat SMA/SMK dilaksanakan tingkat provinsi dan memperebutkan Piala Gubernur. Sedangkan FKP tingkat SD dan SMP masih tingkat Kabupaten Klaten.

Edy Sulistyanto menambahkan karena pesertanya banyak maka pelaksanaan FKP IX tahun ini berlangsung 10 hari. Untuk tingkat SMA/SMK saja berlangsung 5 hari.

“Pantas kita syukuri bersama. Karena kegiatan ini bisa terlaksana karena dukungan penuh dari semua sekolah peserta FKP yang sebagian besar adalah peserta dari tahun ke tahun,” jelas Edy.

FKP tingkat SD dibidani dan didanai oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten pada tahun 2015 dengan nama Festival Ketoprak Anak (FKA).

Tahun kedua didanai bersama Amigo Group. Tahun ketiga hingga sekarang seluruhnya dipercayakan Amigo Group dan Omah Wayang.

Baca Juga :  Mengejutkan, Titiek Soeharto Mundur dari Golkar

Sedangkan FKP tingkat SMP dibidani Kecamatan Klaten Tengah pada 2017 dengan nama Festival Ketoprak Remaja (FKR). FKP tingkat SMP seluruhnya didanai bersama Kecamatan Klaten Tengah dengan Amigo Group.

FKP tingkat SMA/SMK dibidani 3 founder yakni alm Harsono (mantan Ketua Dewan Kesenian), Bondan Nusantara (pelaku seni ketoprak dari Yogyakarta) dan Edy Sulistyanto (Amigo Group).

Dengan dukungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten sejak 2010 hingga sekarang, FKP IX tingkat SMA/SMK berlangsung 7 hingga 11 September, tingkat SMP 15 dan 16 September dan tingkat SD 5 hingga 7 Oktober. (sol)