Pelamar Perangkat Desa Membludak

934
Calon perangkat desa didampingi Camat Karanganon Slamet Samodra dan Rektor Universitas Widya Dharma Prof Triyono mengucapkan ikrar damai di Aula SMA 1 Karanganom Klaten, Kamis (19/04/2018). (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID—Jabatan perangkat desa kini menjadi incaran warga. Terbukti, sejak Pemkab Klaten membuka lowongan perangkat desa ternyata jumlah pelamar membludak melebihi perkiraan.

“Semula kami memperkirakan yang mendaftar maskimal 3.000 orang. Tapi faktanya yang mendaftar sampai 7.371 orang. Tak pernah kami bayangkan kalau yang mendaftar membludak,”kata Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Dr Ronny Roekminto pada Deklarasi Damai, Bersih dan Jujur pada pengisian perangkat desa se-wilayah Kecamatan Karanganom di Aula SMA 1 Karanganom Klaten, Kamis (19/04/2018).

Dijelaskan, Kabupaten Klaten terdiri dari 391 desa dan 10 kelurahan. Dari jumlah itu, ada 17 desa yang tidak membuka lowongan perangkat karena sudah lengkap. Dari 374 desa yang membuka lowongan, ada 964 formasi. Pendaftar tidak dibatasi warga setempat karena Perbup Klaten memperbolehkan pendaftar dari luar daerah.

Baca Juga :  Pedagang Pilih Berjualan di Trotoar

Deklarasi damai dihadiri Asisten Sekda Bidang Administrasi Sri Winoto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Joko Purwanto, Camat Karanganom Slamet Samodra, TP3D di 19 desa di wilayah Kecamatan Karanganom, Muspika Karanganom, Rektor Universitas Widya Dharma Prof Triyono M.Pd dan para calon perangkat desa.

Tim penguji calon perangkat desa melibatkan dua lembaga perguruan tinggi yakni Universitas Widya Dharma Klaten dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Ronny yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Klaten itu percaya, proses seleksi perangkat desa di Karanganom obyektif, transparan dan sukses.

Sementara itu Camat Slamet Sanodra mengemukakan di wilayahnya ada 43 formasi yang lowong di 19 desa dengan total pendaftar 398 orang.

“Nanun ada 2 yang tidak mengembalikan berkas sehingga yang mengembalikan berkas ada 396 orang,” jelasnya.

Baca Juga :  Pasar Ini Selalu Banjir Saat Hujan

Dari 398 pendaftar itu, paling banyak untuk formasi Kaur Keuangan dengan 116 orang disusul Sekretaris Desa 106 orang, Kaur Umum dan Perencanaan 56 orang, Kasi Pemerintahan 55 orang, Kadus 33 orang, Kasi Pelayanan 19 orang dan Kasi Kesejahteraan 14 orang.

Pendaftar perangkat desa di wilayah Kecamatan Karanganom yang berasal dari luar daerah ada dari Boyolali, Gunungkidul, Sragen, Karanganyar dan Cirebon Jawa Barat.

“Pendaftar dari Cirebon melamar formasi Sekdes di Desa Kunden,”kata Samodra yang juga mantan Kabag Umum Setda Klaten itu.

Proses seleksi dilaksanakan tanggal 29 April di SMA 1 Karanganom. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan di desa masing-masing pada hari yang sama. (SM)