Pelantikan Gubernur Perlu Disyukuri

243
Presiden Joko Widodo beserta Iriana Jokowi berfoto bersama Gubernur dan Wakil Gubernur serta legislator dan tamu undangan di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Istana Negara Jakarta telah selesai. Presiden RI, Joko Widodo secara resmi lantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X menjadi dwi tunggal memimpin DIY, Selasa (10/10/2017).

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto usai mengikuti prosesi pelantikan di Istana Negara Jakarta menyatakan prosesi pelantikan ini patut disyukuri oleh seluruh elemen rakyat DIY.

“Kita bersyukur pelantikan oleh Presiden RI berjalan lancar. Terima kasih Presiden Jokowi,” kata Eko Suwanto.

Kehadiran anggota DPRD DIY dalam pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Istana Negara adalah memenuhi undangan. Prosesi acara pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X diawali dengan kirab. Setelah masuk istana negara, acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) yang diikuti dengan pengambilan sumpah jabatan dan rangkaian prosesi pelantikan ditutup dengan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga :  Rayi Dalem Tak Ada yang Ingin Jadi Sultan

Presiden dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Sri Sultan dan Paku Alam berjalan kaki menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Momen ini dikenal dengan sebutan prosesi kirab saat keempatnya diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju Istana Negara.

Setibanya di Istana Negara, calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 107/P Tahun 2017 tentang Pengangkatan Sri Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Jabatan Tahun 2017-2022.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” demikian diucapkan Sultan Hamengkubuwono X dan KGPAA Paku Alam X dipandu Presiden yang memimpin pengucapan sumpah jabatan.

Baca Juga :  Jalur Semarang-Solo Macet Total

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.(*/yve)