Pelari Jogja Bersiap Ramaikan Semen Indonesia Trail Run 2018

123
Para pelari dari berbagai komunitas di Jogja sedang mengikuti event Road to Semen Indonesia Trail Run 2018 di Hotel Grand Hyatt Jogja. (Istimewa/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Para pelari Jogja siap meramaikan event Semen Indonesia Train Run 2018, yang dihelat 11 November mendatang. Antusiasme para pelari dari Kota Gudeg ini, terlihat dalam acara “Road to Semen Indonesia Train Run” di Hotel Hyatt Yogyakarta, Minggu (23/092018). Sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Surabaya, 5 Agustus 2018.

Dalam kegiatan tersebut, seratusan pelari dari Jogja tidak hanya mengikuti kegiatan lari dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer. Mereka juga mengikuti U-Jam bersama dance & fitness Instructor Annissa Munaf dan strength training bersama Atletic Trainer Muhammad Desfian. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih baik perihal olahraga atletik terutama lari, kepada para pelari dari berbagai komunitas.

Kepala Biro Hubungan Media PT Semen Indonesia Sigit Wahono mengatakan, road to Semen Indonesia Trail Run merupakan bagian dari serangkaian kegiatan untuk lebih mengenalkan lomba lari marathon yang akan digelar untuk kedua kalinya November nanti. Kegiatan serupa sudah digelar tahun 2016 lalu, di kawasan pabrik Semen Indonesia di Gresik.

“Tahun ini kegiatan serupa kita gelar lagi di lokasi yang sama. Target peserta kali ini sebanyak 2.000 pelari nasional dan internasional. Dua tahun silam, kegiatan serupa melibatkan 1.500 peserta khusus untuk pelari lokal dan nasional,” katanya.

Selain penambahan jumlah peserta, event kali ini juga dibuka untuk dua kategori yakni lomba lari marathon 10 kilometer dan 21 kilometer.

“Semen Indonesia Trail Run merupakan ajang lomba lari yang diselenggarakan oleh Semen Indonesia sejak tahun 2016 sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-61 Pabrik Gresik Semen Indonesia,” imbuhnya.

Sigit Wahono, bersama Muhammad Desfian, Annissa Munaf, dan Gemilang Andriyanti serta panitia, saat acara Road to Semen Indonesia 2018, di Hotel Grand Hyatt Yogyakarta, Minggu (23/09/2018). (istimewa/koranbernas.id)

Ketua Panitia Semen Indonesia Trail Run 2018, Gemilang Andriyanti Roberto

menyebutkan, kategori lomba sejauh 21K dibuka untuk pelari nasional dan Internasional. Sedangkan kategori tertutup sejauh 10K hanya untuk pelari nasional saja,” paparnya.

Mengusung semangat “Challenge Your Limit, Build The Spirit”, para pelari akan disuguhkan rute yang menantang. Pelari akan menikmati keseruan berlari melintasi area produksi pabrik semen, serta perbukitan dalam area pasca tambang.

Para pelari, kata Gemilang, dituntut kesiapan fisik yang matang. Sebab mereka akan lari melewati medan yang beragam, mulai dari lintasan tidak rata, bukit yang menanjak dan jalan setapak.

“Para peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar 135 juta rupiah. Saat ini pendaftar terus mengalir. Pendaftarannya bisa dilakukan melalui website www.semenindonesiarun.com,” jelasnya.

Sigit menambahkan, dipilihnya lari marathon sebagai kegiatan lomba olahraga meramaikan peringatan HUT perusahaan, adalah karena pertimbangan makin banyaknya penggemar olahraga lari di Indonesia.

Meski sudah banyak lomba serupa yang diselenggarakan rutin oleh pihak lain, Semen Indonesia memiliki kelebihan dalam hal lokasi lomba berupa rute-rute menantang di kawasan pabrik.

“Rute kami adalah satu-satunya di Indonesia yang cukup menantang tapi juga banyak memiliki spot menarik untuk berswafoto. Akan kami tunjukkan kepada para peserta, program rehabilitasi atau reklamasi lahan bekas tambang yang sekarang menjadi lokasi sangat menarik untuk dikunjungi. Kami ingin menghapus kesan negatif bahwa kawasan bekas tambang adalah daerah yang berbahaya dan rusak,” lanjutnya. (SM)