Pelestari Budaya Peroleh Penghargaan

212
Ketua Tim Penggerak PKK Ny Kustini Sri Purnomo menyerahkan penghargaan, Kamis (31/08/2017).

KORANBERNAS.ID — Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman memberikan penghargaan kepada 15 orang pelestari warisan budaya, budayawan dan seniman. Penghargaan itu diserahkan Kamis (31/08/2017), di Hotel Prima SR Sleman, oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Kustini Sri Purnomo.

Penghargaan pelestari warisan budaya diberikan kepada pengelola talang air Van Der Wijk, pengelola Puskesmas Mlati 2, pengelola rumah tradisional Ngrajek, pengelola rumah tradisional R Mangkuprobo dan pengelola rumah tradisional Harjo Pawiro.

Untuk kategori budayawan diberikan kepada Purwadmadi, Sukiyat, Umar Saimin, Suwito dan almarhum Drs Siswanto. Sedangkan kategori seniman penghargaan diberikan pada Sujarwo, almarhum Sarif Paelan, almarhum Lamidi, almarhum Suroto, almarhum Wajiman.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara SH Mhum, menyampaikan para budayawan maupun seniman yang telah meninggal, penghargaan diterima oleh wakil keluarga. Dinas Kebudayaan juga memberikan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 10 juta.

Baca Juga :  Kantor Baru Kecamatan Kalasan Cukup Megah

Ny Kustini Sri Purnomo  berharap para pelestari dan pemerhati budaya di Kabupaten Sleman bersama masyarakat dapat terus menjaga eksistensi kebudayaan. Dia juga mengimbau masyarakat Sleman melapor ke Disbud jika di daerahnya ada suatu kesenian maupun kebudayaan. (bid jalasutra)