Pemasangan Free Wifi di 24 Titik Terkendala Izin

196

KORANBERNAS.ID — Kecamatan Temanggung bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa (Kades) dan kelurahan dalam rangka persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019.

Rakor yang berlangsung di Kecamatan setempat, Senin (05/02/2018) dihadiri Camat Temanggung, Eko Budi Hartono SH MSi dan seluruh kepala desa dan kelurahan di Kecamatan Temanggung. Rakor lebih menekankan koordinasi pemasangan jaringan internet di kantor desa atau kelurahan.

Kepala Bidang Informatika Dinkominfo Kabupaten Temanggung, Sutrisno SE M Kom menjelaskan, pemberian bandwidth dan jasa seting tidak ada pungutan biaya sepeser pun. Bandwidth yang mencukupi harus ditunjang peralatan memadai.

“Maksud kami menyampaikan ini, jika alatnya akan diganti agar berkoordinasi dengan Dinkominfo. Intinya jika sudah terkoneksi dengan pipa-pipa tersebut dapat dikoneksikan dengan triangle,” jelas Sutrisno.

Namun dinas hanya bisa menganggarkan sampai titik terakhir di lokasi. “Jika sampai ruangan-ruangan, kami tidak menganggarkan jaringan untuk sampai di situ. Kami sarankan jaringan tersebut harus memiliki dua wifi, satu untuk kerja dan yang satu lagi untuk warga sekitar,” paparnya.

Dia menyampaikan, dinas akan memasang 24 titik free wifi di ruang publik Temanggung kota, namun demikian ini langkah itu masih terkendala perizinan.

“Mohon berkenan untuk pemasangan tiang-tiang jalur fiber optik jaringan internet, karena ini dipakai sebagai fasilitas bersama untuk masyarakat tanpa ada unsur bisnisnya,” lanjutnya.

Mengenai pemasangan jaringan internet, Sutrisno berharap agar dapat dikoordinasikan kecamatan agar lebih efisiensi.  Hal ini sesuai tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam aspek pelayanan jaringan internet di desa-desa.(sol)