Pembangunan JLSS Akhirnya Rampung

1243
JLSS di wilayah KabupatenKebumen yang beraspal mulus. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kontraktor pembangunan Jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS)  di pesisir selatan Kabupaten Kebumen sudah merampungkan pembangunan fisik jalan dan  jembatan.

Sisa waktu kontrak kerja sampai Akhir Desember 2018, tinggal merapikan beberapa bagian prasarana pendukung, serta pemasangan prasarana keselamatan lalu lintas di jalan sepanjang 38 km itu.

“Fisik sudah selesai, tinggal pekerjaan merapikan,“ kata Andi Nugroho Jati, Pejabat Pembuat Komitmen 12 Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Jateng kepada koranbernas.id, Senin (27/08/2018).

Pekerjaan tersisa yang merupakan bagian dari paket proyek pembangunan JLSS di antaranya pembuatan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas serta pemasangan lampu penerangan  jalan umum (LPJU).

LPJU rencananya dipasang di semua persimpangan jalan besar. Jumlahnya sebanyak 60 tiang berada di persimpangan jalan besar.

Di antaranya, ujung barat di Desa Tambakmulyo, Kecamatan  Puring, Desa Rowo, Kecamatan Mirit, ujung timur JLSS serta beberapa persimpangan jalan menuju obyek wisata pantai selatan.

“Ada 60 titik  lampu kita sediakan untuk simpang yang besar besar,“ kata Andi Nugroho Jati.

Meski sudah bisa dimanfaatkan untuk kendaraan besar dan kecil, JLSS belum dibuka untuk umum. Jalan ini bisa dimanfaatkan untuk umum setelah dinyatakan lolos uji kelaikan.

Kewenangan untuk menguji kelaikan jalan ada pada Kementerian Perhubungan. (sol)