Pembangunan JLSS Pasti Dilanjutkan

191
Kondisi ujung paling barat JLSS yang  selesai dibangun. Dari pertigaan JLSS di Desa Tambakmulyo Kecamatan  Puring Kabupaten  Kebumen, JLSS akan dibangun ke arah Karangbolong. (nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat memastikan akan melanjutkan pembangunan jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS) di Kabupaten Kebumen.

Setelah merampungkan pembangunan sepanjang 38 km, akhir tahun 2018, kelanjutan pembangunan  JLSS, membangunan ruas jalan Suwuk- Jladri-Karangbolomg. Cepat tidaknya kelanjutan pembangunan sangat bergantung pembebasan lahan ruas jalan ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 12 Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker-PJN) Wilayah 2 Jawa Tengah, Adi Nugroho Jati, kepada koranbernas.id, Senin (10/09/2018) menjelaskan, lelang pengadaan barang dan jasa ruas Suwuk-Jladri-Karangbolong sudah   diselenggarakan.

Pemenang lelang  pekerjan ruas jalan sepanjang 4,5 km ini bisa melaksanakan pekerjaan setelah pembebasan lahan rampung. “Anggarannya Rp 70 miliar, untuk pekerjaan jalan sepanjang 4,5 km,“  kata Andi Nogroho Jati.

Baca Juga :  Saatnya Warga Jogja Tertib dan Taat Hukum

Pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemkab Kebumen dan Pemprov Jawa  Tengah. Kedua pemerintah daerah sedang berembug melakukan pembebasan lahan.

Tanggung jawab pembebasan ini seperti pembangunan JLSS sebelumnya sepanjang 38 km. Pembebasan lahan tidak menggunakan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Andi Nugoroho Jati menambahkan, ruas  JLSS  Suwuk-Karangbolong, tidak menggunakan  lahan baru seperti JLSS di sebelah timurnya. Ruas JLSS ini sebagian menggunakan jalan yang sudah ada.

Dari pertigaan JLSS di Desa Tambakmulyo ke arah obyek wisata Panta  Suwuk terus ke  arah Karangbolong.

Catatan koranbernas.id  ruas jalan Tambakmulyo-Karangbolong, ruang milik milik jalan (RMJ)-nya lebar kurang dari 25 meter.

Padahal RMJ JLSS sama dengan RMJ  JLSS yang sudah  terbangun, perlu pembebasan lahan di kanan atau kiri ruas jalan yang sudah ada.

Baca Juga :  Lolos 2019, PSI Ingin Bersaing Sehat

Kebutuhan RMJ dengan lebar 25 meter ini yang membutuhkan pembebasan lahan. (sol)