Pemda DIY Ajak Masyarakat Bersihkan Material Sisa Banjir

185

KORANBERNAS.ID –  Pemerintah DIY mengimbau seluruh komponen masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan sisa material banjir dan tanah longsor di lingkungan masing-masing, atau membantu daerah lain yang terdampak berat.

Imbauan ini disampaikan untuk semua warga DIY yang tinggal di desa, kampung maupun lingkungan instansi swasta dan lembaga pemerintah, TNI dan Polri.

Mulai Minggu (03/11/2017) hingga 14 Desember mendatang, dilaksanakan gerakan bersama dalam rangka percepatan pemulihan dampak bencana akibat badai Cempaka.

“Gerakan Bersama Pembersihan Lingkungan dengan tagline #JogjaTangguh dilaksanakan serentak Ahad Pahing 3 Desember 2017. Diharapkan partisipasi dari seluruh komponen warga masyarakat di DIY,” ungkap Krido Suprayitno, Plt Kepala Pelaksana BPBD DIY.

Kepada wartawan usai rapat koordinasi di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Jumat (02/11/2017), dia menyampaikan kebersamaan dan gotong royong merupakan kekuatan masyarakat DIY.

Adapun fokus dari gerakan Jogja Tangguh adalah titik-titik bencana yang perlu ditangani dan segera diselesaikan. “Tujuan dari Jogja Tangguh ini untuk mengembalikan situasi agar normal kembali,” kata dia.

Namun demikian Krido tetap mengimbau masyarakat waspada sebab dari BMKG dilaporkan puncak musim hujan diperkirakan terjadi akhir Januari. (sol)