Pemda DIY Bantu Ribuan Mahasiswa Sulteng

68
Rapat Komisi A DPRD DIY membahas bantuan bagi ribuan mahasiswa asal Sulteng di Jogja. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Pemerintah DIY benar-benar menunjukkan komitmennya membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pemda DIY selain memasang sarana dan prasana komunikasi berupa wifi gratis di Asrama mahasiswa Sulawesi Tengah (Sulteng) Jalan Bintaran Tengah Kota Yogyakarta, juga membantu logistik mahasiswa.

Melalui rapat yang  berlangsung Ruang Komisi A DPRD DIY, Senin (01/10/2018), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Ronny Primanto Hari, menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan para pegiat TI untuk melayani mahasiswa yang mencari informasi mengenai keluarganya di Sulteng.

Rapat koordinasi kali ini dipimpin langsung Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto didampingi Wakilnya Sukarman. Hadir pula Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, perwakilan mahasiswa Sulteng di Jogja, Hendrawan dan Sulaiman, serta Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana.

Baca Juga :  Uang Kuno untuk Museum Benteng Vredeburg

“Kami mewakili DPRD DIY menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang luar biasa,” ungkap Arif Noor Hartanto.

Sedangkan Eko Suwanto mengatakan prinsipnya DPRD DIY memberikan dukungan terhadap langkah-langkah Pemda DIY membantu mahasiswa Sulteng di Jogja, termasuk membantu mendirikan dapur umum bersama dengan anggota Kampung Siaga Bencana (Katana) dari Kota Yogyakarta.

Dapur umum penting supaya para mahasiswa Sulteng di Jogja tidak ada yang terlambat makan.”Dengan gotong royong bersama Katana insyaAllah bisa diselesaikan,” kata dia.

Biwara Yuswantana mengatakan ada dua fokus yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, yaitu mengirimkan bantuan di Sulawesi Tengah serta membantu ribuan mahasiswa Sulteng di Jogja.

Menurut dia, sejumlah instansi siap memberikan bantuan. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) menyiapkan stok beras untuk mahasiswa Sulteng. Demikian pula Dinas  Sosial juga sudah siap. (sol)

Baca Juga :  Warga Tak Sabar Minta Bandara Segera Dibangun