Pemda DIY Gelar Pawai Pembangunan

417

KORANBERNAS.ID — Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY), Sabtu (26/08/2017), menggelar Pawai Pembangunan 2017. Pawai kali ini diselenggarakan dalam rangka mencitrakan semangat kemerdekaan.

Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY,  Dra Amiarsi Harwani SH MS, di Kepatihan Senin (21/08/2017) menyampaikan, selain sebagai simbol aktualisasi semangat Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Pawai Pembangunan sekaligus sebagai aktualisasi pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan maupun seni budaya.  “Pawai ini juga untuk memberikan hiburan, sarana promosi, dan informasi bagi masyarakat serta wisatawan,” ungkapnya.

Mengacu pada tema nasional Indonesia Kerja Bersama, Pawai Pembangunan tahun ini bertema Dengan Kerja Bersama Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Masyarakat DIY.

Peserta pawai selain berjalan kaki membawakan atraksi seni budaya, diiringi dengan kendaraan hias. Pawai Pembangunan diikuti 53 kelompok regu atau lebih dari 2.500 orang. Start dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok I seperti Drum Band AAU, Paskibraka dan Garuda Pancasila dan seterusnya start  dari Gedung DPRD DIY. Kelompok II terdiri dari Pleton Inti SLTA, Marching Band Perguruan Tinggi, Atraksi Seni Budaya Jalan Kaki dan seterusnya, start dari Kantor Dinas Pariwisata DIY.

“Sedangkan Kelompok III start dari halaman Hotel Garuda dan Taman Parkir Abubakar Ali. Ada kelompok Sepatu Roda, Andong Hias, Gerobak Hias, Kendaraan Hias,” jelasnya.

Adapun panggung kehormatan untuk atraksi peserta Pawai Pembangunan berada di depan Istana Kepresidenan Gedung Agung. Berkaitan dengan itu maka Jalan Malioboro ditutup total pada pukul 15:00 untuk semua kendaraan. Diharapkan pawai berakhir sekitar pukul 17:30. (sol)