Pemda DIY Harus Tingkatkan Kesejahteraan Guru

73
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto berdialog dengan guru. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Program peningkatan kualitas guru yang dilakukan Pemerintah DIY patut memperoleh dukungan. Seiring meningkatnya kualitas guru PNS maupun Gurut Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT), harus diperhatikan pula masalah kesejahteraan para tenaga pendidik itu.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari dapil Yogyakarta, Eko Suwanto, menegaskan hal tersebut saat berdialog bersama dengan guru negeri dan swasta di Timoho, Selasa (17/07/2018) petang.

“Guru memiliki tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa. Ajarkan budi pekerti guna mencerdaskan siswa. Tapi lebih dari itu, guru di sekolah di semua tingkatan mengajarkan nilai budi pekerti. Karena tanggung jawabnya yang besar maka Pemda harus meningkatkan kesejahteraan guru termasuk GTT/PTT,” kata dia.

Anggota Fraksi PDIP ini memahami problematika yang sering dikeluhkan oleh guru, sebab ibunya sendiri adalah guru yang juga sering memberikan masukan kebutuhan kebijakan yang tepat untuk peningkatan kualitas guru di seluruh tingkatan.

Baca Juga :  Lima Pejabat Fungsional Satpol PP Dilantik

Langkah peningkatan kesejahteraan memang membutuhkan dukungan kebijakan pemda DIY, apalagi terkait peningkatan kualitas guru amat berpengaruh pada peningkatan kemampuan belajar peserta didik.

Di hadapan 150-an guru dan GTT/PTT perwakilan dari Kota Yogyakarta, Eko Suwanto menyebutkan sejumlah poin rekomendasi. Di antaranya, komitmen meningkatkan kualitas pendidikan yang sudah baik menjadi lebih hebat dengan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru.

“Peningkatan kualitas guru lewat kesempatan beasiswa bagi guru dari D3 menjadi S1, S1 ke S2, dan S2 ke S3. Kita dorong pemda DIY serius memprogramkan kualitas guru. Selain pelatihan-pelatihan, langkah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru adalah kebutuhan mendasar,” kata Politisi PDI Perjuangan yang pada Pemilu 2019 dicalonkan menjadi Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta, dan berdasarkan berkas yang dikirim ke KPU DIY tercatat sebagai caleg nomor urut 1.

Baca Juga :  Widodomartani Desa Mandiri Gemar Membaca Pertama di DIY

Eko Suwanto menyatakan peningkatan kesejahteraan guru PNS maupun GTT PTT melalui APBD perlu mengedepankan azas kemakmuran, kesejahteraan dan kemampuan keuangan daerah.

“Kita dukung Pemda DIY meningkatkan insentif GTT PTT diatas UMK secara bertahap. Kenaikan bisa dimulai tahun anggaran 2019. Kita harap para guru dan GTT/PTT mengawal pembahasan APBD DIY agar tujuan peningkatan kesejahteraan dapat dicapai. Prinsipnya kita berikan dukungan Pemda DIY tingkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, baik PNS maupun GTT PTT sesuai kemampuan keuangan daerah. Insya Allah dalam waktu dekat kita akan selenggarakan FGD tentang upaya peningkatan kesejahteraan guru dan GTT/PTT,” kata lulusan Magister Ekonomika Pembangunan (MEP) UGM ini. (sol)